5 Makanan ini bisa jadi obat asma, Anda bisa coba

Kamis, 07 Oktober 2021 | 18:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan ini bisa jadi obat asma, Anda bisa coba


KESEHATAN - Selain memakai obat asma yang diresepkan dokter, masih banyak cara mengatasi asma yang bisa Anda lakukan. Salah satunya, mengatur asupan konsumsi makanan sehari-hari.

Dengan begitu, frekuensi asma bisa berkurang. Cuma, pertama-tama, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa memperparah asma.

Mengutip dari Everyday Health, beberapa makanan yang tidak baik untuk penderita asma adalah daging olah, daging merah, serta makanan dan minuman manis.

Dibanding mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, cobalah untuk memasukkan buah, sayur, dan sumber lemak sehat dalam menu diet sehat yang Anda konsumsi setiap hari.

Jangan lupa untuk tetap memeriksakan diri ke dokter secara teratur supaya kondisi kesehatan tetap terpantau.

Salmon

Salmon bisa jadi obat asma, lo. Alasannya, jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3. Jenis lemak itu efektif meredakan peradangan yang dialami oleh penderita asma.

Tidak hanya itu, salmon juga dipenuhi dengan vitamin D yang bisa mengurangi gejala asma.

Baca Juga: Inilah 4 alasan mengapa Anda sesak nafas saat tidur

Jahe

Jahe bisa jadi obat asma.

Mengonsumsi jahe juga termasuk dalam cara mengobati asma. Kandungan dalam jenis bahan alami itu mampu membuat saluran pernapasan lebih rileks.

Anda bisa mengonsumsi jahe bersama dengan makanan bernutrisi lainnya atau minum air rebusan jahe secara rutin.

Apel

Melansir Everyday Health, beta karoten, vitamin C, vitamin E adalah beberapa jenis nutrisi yang mampu meredakan peradangan. Nah, nutrisi-nutrisi itu bisa Anda dapat dari buah apel. Selain itu, buah jeruk juga bisa Anda jadikan opsi.

Cobalah untuk mengonsumsi dua porsi apel per hari. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mengimbanginya dengan lebih dari lima porsi sayur. Lakukan hal tersebut secara teratur supaya gejala asma berkurang.

Baca Juga: Mudah dibuat! Teh secang efektif mengobati asam urat

Delima

Delima berguna sebagai obat asma.

Delima adalah bahan alami selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat asma. Banyaknya antioksidan yang terkandung dalam delima efektif meredakan peradangan di saluran pernapasan.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau minum jus delima.

Kunyit

Cara mengobati asma juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi kunyit secara rutin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa curcumin yang ada dalam bahan alami tersebut mampu meredakan peradangan.

Walhasil, penyakit asma bisa teratasi dengan lebih baik.

Selanjutnya: Masih banyak gejala asma lainnya, bukan cuma sesak napas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru