5 Makanan yang ampuh menyembuhkan asam urat

Senin, 26 Juli 2021 | 14:00 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Makanan yang ampuh menyembuhkan asam urat


KESEHATAN - Menyembuhkan asam urat bisa dilakukan dengan berbagai cara, selain olahraga yang cukup, mengontrol makanan yang dikonsumi setiap harinya juga penting untuk dilakukan. Salah makan justru akan menyembuhkan asam urat semakin susah. 

Ketika seseorang dipastikan memiliki asam urat dalam tubuhnya, seseorang tersebut disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah kandungan purin. Beberapa makanan yang harus dihindari untuk menyembuhkan asam urat antara lain alkohol, seafood, makanan manis, daging, unggas, dan beberapa sayuran seperti kangkung, bayam, tauge dan sebagainya.  

Dilansir dari Everyday Health, banyak sekali makanan sehat yang ada di sekitar bisa dengan mudah menyembuhkan asam urat. Berikut 5 makanan yang ampuh menyembuhkan asam urat. 

Baca Juga: 5 Makanan Ampuh Redakan Nyeri Haid

Apel

Buah apel bisa menjadi salah satu pilihan buah yang baik untuk para penderita penyakit asam urat. Buah apel memiliki kandungan yang dinamakan dengan zat asam malat yang bisa membantu menyembuhkan asam urat di dalam tubuh. Selain itu zat asam malat juga membantu menyembuhkan asam urat yang dibuang melalui urin saat buang air kecil.

Buah delima

Buah delima bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan asam urat. Buah yang memiliki rasa khas ini berfungsi mengurangi plak dalam arteri, sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai buah untuk menyembuhkan asam urat.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kadar gizi dan nutrisi yang tinggi, ikan salmon cocok untuk dikonsumsi untuk menyembuhkan asam urat. Ikan salmon ini memilik kadar purin yang cukup rendah sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat.  

Baca Juga: Simak 6 efek samping konsumsi vitamin C terlalu banyak

Pisang

Buah pisang terdapat setidaknya kandungan seperti kalium tinggi, gula rendah, dan kadar alkali tinggi sehingga mampu menyembuhkan asam urat. Zat kalium di dalam buah pisang merupakan sumber kalium tertinggi dari seluruh buah yang ada dan zat kalium ini mampu menyembuhkan asam urat dan membuangnya melalui urin.

Beras merah

Beras merah mengandung karbohidrat tinggi namun memiliki kadar gula dan kalori rendah, sehingga mampu menjadi makanan untuk menyembuhkan asam urat di dalam tubuh. Selain lebih sehat, beras merah ini juga mampu memberikan energi yang tinggi bagi para penderita asam urat.

Jika sudah mengetahui beberapa makanan yang bisa menyembuhkan asam urat, selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan adalah mengonsumsinya secara rutin. Nah, itulah 5 makanan yang ampuh menyembuhkan asam urat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Moms. 

Selanjutnya: 5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru