5 Manfaat Air Kelapa, Bisa Menurunkan Berat Badan, Lho

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat Air Kelapa, Bisa Menurunkan Berat Badan, Lho

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat air kelapa yang baik untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Air kelapa adalah salah satu bahan alami dengan rasa yang segar. Selain itu, ternyata masih banyak manfaat air kelapa yang bisa Anda dapatkan, lho. Hal itu berasal dari berbagai vitamin, mineral, dan kandungan lain dalam air kelapa.

Mengutip dari Good Housekeeping (goodhousekeeping.com), Anda bisa mendapat 45 kalori dalam 8 ons air kelapa. Dalam jumlah yang sama, masih banyak nutrisi lain yang bisa Anda dapat. Mulai dari sodium, kalium, karbohidrat, dan kalsium.

Hal menarik yang perlu Anda ketahui adalah air kelapa tidak mengandung kolesterol dan lemak sama sekali. Jadi, bahan alami itu bisa Anda konsumsi secara rutin. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Tujuannya agar manfaat berikut bisa Anda dapat secara maksimal.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah bahan alami itu cocok dijadikan penurun berat badan. Seperti yang sudah dikatakan, minum air kelapa dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi. Hal tersebut dapat mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga: Bikin Gula Darah Stabil, Ini Cara Konsumsi Lidah Buaya untuk Penderita Diabetes

Menjaga Kesehatan Kulit

Tubuh yang dehidrasi berpengaruh pada kondisi kulit, misalnya kulit Anda menjadi kering atau bersisik. Nah, minum air kelapa dapat menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi sehingga kondisi kulit akan terjaga.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan, air kelapa juga memiliki vitamin C. vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen. Saat jumlah kolagen kulit terjaga, kulit menjadi lebih lembut dan kemunculan tanda penuaan bisa dicegah.

Menjaga Kondisi Tubuh Setelah Olahraga

Manfaat air kelapa selanjutnya yang disebutkan Good Housekeeping adalah bahan alami itu bisa menjaga kondisi tubuh setelah Anda berolahraga. Apalagi jika Anda baru saja melakukan olahraga dengan intensitas tinggi saat musim panas. Air kelapa mengandung banyak elektrolit yang memberikan banyak manfaat.

Manfaat yang dimaksud adalah menjaga fungsi otot, menghindarkan tubuh dari dehidrasi, dan mengembalikan keseimbangan cairan tubuh. Tak hanya itu, kebutuhan tubuh akan karbohidrat juga bisa terpenuhi dengan mengonsumsi air kelapa.

Baca Juga: 6 Obat Jerawat Alami Ini Mudah untuk Anda Cari, Lho

Obat Sakit Kepala

Salah satu manfaat air kelapa adalah mengobati sakit kepala.

Sakit kepala biasanya Anda alami ketika tubuh kekurangan cairan. Nah, minum air kelapa bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi sehingga bisa mengobati sakit kepala. Jika Anda sering sakit kepala, tak ada salahnya untuk rutin minum air kelapa.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi air kelapa secara rutin. Dalam satu gelas air kelapa, Anda bisa mendapat 470 mg kalium. Jumlah tersebut mampu menurunkan tekanan darah Anda sehingga tekanan darah bisa lebih stabil.

Saat tekanan darah stabil, risiko stroke dan penyakit jantung bisa ikut turun. Meski demikian, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter dulu, ya. Dikhawatirkan air kelapa justru menimbulkan efek samping. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru