5 Manfaat daun pepaya, dapat menurunkan gula darah

Selasa, 05 Oktober 2021 | 11:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat daun pepaya, dapat menurunkan gula darah

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat daun pepaya dengan mengonsumsinya secara rutin.


KESEHATAN - JAKARTA. Selain buahnya, daun pepaya juga mengandung banyak khasiat. Manfaat daun pepaya berasal dari nutrisi-nutrisi yang ada di dalamnya. Mulai dari vitamin A, vitamin E, protein, kalsium, magnesium, mangan, air, dan lain sebagainya.

Hasil penelitian pun menunjukkan bahwa antioksidan dan senyawa lain yang terkandung dalam daun pepaya efektif meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan rutin mengonsumsinya, tubuh Anda menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit.

Cara mengolah daun pepaya pun relatif mudah. Cuci dan keringkan dua hingga tiga lembar daun pepaya berukuran sedang. Setelah itu, sobek daun pepaya menjadi beberapa bagian lalu rebus dalam 2 L air. Minum air rebusan daun pepaya itu secara rutin supaya manfaat ini bisa Anda dapatkan.

Menurunkan Gula Darah

Penderita diabetes memiliki jumlah gula darah yang tinggi dan sensitivitas insulin yang kurang baik. Untuk mengatasinya, cobalah untuk rutin mengonsumsi daun pepaya. Antioksidan dalam bahan alami itu juga mampu membantu tubuh lebih kuat terhadap efek diabetes jangka panjang, seperti gangguan ginjal dan lain-lain.

Baca Juga: Anda bisa coba, 4 sayur ini terbukti bisa menurunkan gula darah

Mengobati Gejala DBD

Mengutip dari Med India (medindia.net), salah satu manfaat daun pepaya adalah mengobati gejala DBD, seperti demam, nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, dan lain sebagainya. Enzim dan kandungan lain dalam daun pepaya membantu menormalkan jumlah trombosit. Dengan begitu, DBD bisa sembuh lebih cepat.

Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat daun pepaya adalah mengatasi masalah kulit.

Jika Anda sering mengalami masalah kulit, seperti panu, jerawat, gigitan serangga, dan lain sebagainya, maka cobalah untuk memanfaatkan daun pepaya. Daun pepaya memiliki banyak vitamin A, vitamin C, dan nutrisi lain yang efektif meningkatkan kesehatan kulit.

Baca Juga: Berdasarkan warna, berikut ragam manfaat sayur untuk kesehatan tubuh

Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat daun pepaya adalah mengatasi masalah sistem pencernaan.

Salah satu masalah yang sering terjadi di sistem pencernaan adalah asam lambung naik. Akibatnya, Anda akan merasakan heartburn atau sensasi terbakar di perut, dada, dan saluran pencernaan atas. Hal itu tentu saja membuat Anda tak nyaman, kan?

Nah, manfaat daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, lo. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam daun pepaya juga bisa melawan bakteri penyebab gastritis dan meredakan peradangan di dinding lambung.

Mengobati Kanker

Melansir Med India, daun pepaya mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Kemampuannya untuk meningkatkan sistem imun tubuh juga berdampak baik untuk melawan kanker. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan pengobatan kanker yang disarankan dokter, ya.

Selanjutnya: 4 Buah ini efektif menurunkan gula darah, berdasarkan penelitian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru