5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Bisa Tambah Nafsu Makan

Jumat, 31 Desember 2021 | 08:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Bisa Tambah Nafsu Makan

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat kencur untuk kesehatan.


KESEHATAN - JAKARTA. Kencur jadi salah satu jenis bahan alami yang mendatangkan banyak manfaat. Tentu saja manfaat kencur untuk kesehatan berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan konsumsi teratur, manfaat-manfaatnya akan terasa di tubuh Anda.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), kencur mengandung banyak antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel akibat serangan radikal bebas. Salah satu jenis antioksidan bernama polifenol dapat menurunkan jumlah kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

Cobalah untuk mengonsumsi kencur secara rutin dengan mengolahnya bersama makanan bergizi lainnya. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan terjaga dan Anda akan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Seperti yang telah dikatakan, salah satu manfaat kencur untuk kesehatan adalah meningkatkan kesuburan pria.

Sebuah penelitian yang melibatkan 66 pria dalam waktu 3 bulan menunjukkan bahwa sperma pria meningkat sebanyak 60%. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Baca Juga: 6 Obat Pelancar Haid dari Bahan Alami yang Bisa Jadi Opsi

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat kencur untuk kesehatan adalah mencegah kanker.

Menurut beberapa penelitian, senyawa dalam kencur yang bernama galangin mampu membunuh sel kanker dan mencegah penyebarannya ke bagian tubuh yang lain. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah kencur adalah kanker payudara, kanker usus, dan kanker hati.

Menurunkan Risiko Vibriosis

Risiko mengalami vibriosis bisa menurun dengan mengonsumsi kencur. Vibriosis adalah infeksi yang terjadi saat Anda mengonsumsi kerang yang belum matang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kencur dapat membunuh beberapa macam bakteri, seperti bakteri E. coli.

Meski manfaat kencur untuk kesehatan ada banyak, Anda perlu berhati-hati terhadap efek sampingnya. Jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak, energi dan nafsu makan Anda bisa menurunkan. Anda juga bisa mengalami diare, sering buang air kecil, hingga koma.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi diare ini mudah dilakukan, mau coba?

Menambah Nafsu Makan

Banyak suplemen penambah nafsu makan yang memasukkan kencur sebagai salah satu bahan dasar. Bukan tanpa alasan, kandungan dalam jenis bahan alami itu memang bisa membuat nafsu makan Anda meningkat. Selain mengonsumsi suplemen, Anda bisa menambahkan kencur dalam makanan Anda sehari-hari.

Mengatasi Peradangan

Healthline mengatakan bahwa kencur mampu mengatasi peradangan atau inflamasi dalam tubuh Anda karena mengandung antiinflamasi. Penelitian selama 6 minggu yang melibatkan 261 partisipan membuktikan hal itu.

63% partisipan yang mengonsumsi ekstrak kencur tiap hari mengalami penurunan rasa sakit di lutut akibat osteoartritis. Sama seperti poin sebelumnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah hasil tersebut valid atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru