5 Manfaat singkong untuk kesehatan, termasuk menurunkan berat badan

Rabu, 26 Mei 2021 | 18:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat singkong untuk kesehatan, termasuk menurunkan berat badan

KONTAN.CO.ID - Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat singkong yang bisa Anda dapat? Mengonsumsi singkong dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Soalnya, banyak nutrisi yang terkandung dalam jenis umbi-umbian itu.

Mengutip dari Stylecraze, Anda bisa mendapat 1 g lemak, 78 g karbohidrat, 3 g protein, dan 4 g serat dengan mengonsumsi satu gelas singkong mentah. Karena memiliki kandungan zat tepung yang cukup tinggi, singkong juga bagus dikonsumsi ketika Anda diet.

Meski manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Apalagi, saat Anda sedang memiliki kondisi kesehatan atau mengonsumsi jenis obat tertentu.

Dengan berkonsultasi, efek samping yang tidak diinginkan bisa Anda hindari. Nah, berikut manfaat singkong untuk kesehatan:

Membersihkan sel kulit mati

Manfaat singkong yang bisa Anda dapat adalah membersihkan penumpukan sel kulit mati. Anda perlu menumbuk singkong hingga halus terpebih dahulu lalu gunakan untuk membersihkan kulit wajah lalu bilas dengan air dingin.

Lakukan langkah tersebut tiga kali dalam seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: 5 Manfaat daun singkong sebagai obat herbal untuk diare sampai demam

Menghidrasi Kulit

Stylecraze menyebutkan, singkong mampu menghidrasi kulit secara maksimal. Dengan begitu, kondisi kulit bisa lebih lembut dan halus.

Untuk memaksimalkan efek singkong, cobalah untuk mencampurnya dengan madu, minyak zaitun, atau air lemon.

Mengatasi rambut rontok

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok, cobalah untuk mengatasi dengan memanfaatkan singkong. Kandungan dalam singkong mampu menutrisi dan menghidrasi kulit kepala dan rambut secara maksimal sehingga rambut tumbuh lebih kuat dan sehat.

Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat singkong adalah menurunkan berat badan.

Jika Anda mencari cara menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk memasukkan singkong dalam menu diet yang Anda konsumsi sehari-hari.

Serat yang terdapat dalam singkong mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebih dapat berkurang.

Baca Juga: Ini efek samping dan manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Mengobati sakit kepala

Manfaat singkong selanjutnya adalah jenis makanan itu bisa digunakan sebagai obat sakit kepala. Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama-tama, rendam 60 g singkong dalam air selama beberapa jam.

Setelah itu, olah singkong yang sudah direndam menjadi jus lalu minum jus singkong itu sebanyak dua kali dalam sehari. Cobalah untuk melakukannya secara rutin agar sakit kepala tak sering Anda alami.

Selanjutnya: 7 Manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang belum banyak diketahui

Editor: Belladina Biananda
Terbaru