5 Obat herbal untuk asam urat ini sangat ampuh meredakan nyeri, mau coba?

Jumat, 10 September 2021 | 15:43 WIB Sumber: Kompas.com
5 Obat herbal untuk asam urat ini sangat ampuh meredakan nyeri, mau coba?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat asam urat menyerang, hal itu akan membuat penderitanya tersiksa. Asam urat adalah penyakit yang mirip dengan osteoarthritis. Jika asam urat membentuk kristal dan terakumulasi di persendian, ini bisa menyebabkan inflamasi dan sakit pada sendi. 

Untuk merawat penyakit asam urat, tidak bisa hanya dengan obat-obatan, namun juga harus didukung perubahan gaya hidup. Pasien asam urat harus menghindari makanan yang kaya purin, seperti makanan laut, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. 

Selain itu, ada beberapa obat herbal untuk asam urat yang bisa Anda coba untuk meringankan gejala asam urat. 

Dilansir dari Healthline, berikut obat herbal asam urat: 

1. Ceri 

Sebuah studi di tahun 2012 menunjukkan bahwa ceri bisa mencegah serangan asam urat. Penelitian ini menyarankan untuk mengonsumsi tiga porsi ceri selama lebih dari dua hari. 

Baca Juga: Anda perlu tahu, ini 7 manfaat petai bagi kesehatan

2. Magnesium 

Magnesium terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung banyak magnesium, seperti bayam, biji chia, dan kentang. 

3. Jahe 

Jahe merupakan salah satu rempah yang terkenal akan manfaatnya sebagai obat tradisional. Jahe memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan ketika serangan asam urat kambuh. 

Selain itu, jahe juga bisa menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Anda bisa mengonsumsi air jahe untuk menurunkan asam urat. 

Baca Juga: 8 Minuman ini bisa mengurangi asam lambung naik, apa saja?

Sedangkan untuk meredakan ketika sedang kambuh, oleskan parutan jahe ke tempat yang sakit selama 15 sampai 30 menit per hari. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru