5 Obat kutu rambut ini berasal dari bahan alami, lo

Selasa, 25 Mei 2021 | 12:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat kutu rambut ini berasal dari bahan alami, lo

ILUSTRASI. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat kutu rambut adalah minyak zaitun.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman dan gatal, kemunculan kutu rambut juga bisa menimbulkan iritasi dan infeksi. Untuk menghindari hal itu, ada banyak obat kutu rambut yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan alami.

Mengutip dari Firstcry.com, ada beberapa hal yang menandai adanya infeksi kutu rambut. Mulai dari rasa gatal yang muncul terus-menerus, pembengakakan pada kelenjar getah bening, sulit tidur, dan kulit kepala yang kemerahan.

Perlu diingat bahwa bahan-bahan alami berikut ini hanya digunakan sebagai obat sementara. Jika kutu rambut tak kunjung hilang dan semakin memperparah kesehatan kulit kepala dan rambut, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Minyak Zaitun

Bahan pertama yang bisa Anda coba adalah minyak zaitun. Aplikasikan minyak zaitun di seluruh area kulit kepala dan rambut selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, sisir rambut menggunakan sisir kutu lalu bersihkan sisa minyak dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Inilah 4 penyebab ketombe yang tak banyak Anda sadari

Bawang Putih

Bawang putih juga bisa Anda gunakan sebagai obat kutu rambut, lo. Anda perlu menumbuk delapan hingga 10 siung bawang putih terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis lalu gingga rata. Aplikasikan campuran itu pada kulit kepala dan rambut selama minimal 30 menit lalu bilas dengan sampo.

Bawang Merah

Bawang merah bisa digunakan sebagai obat kutu rambut.

Firstcry.com merekomendasikan bawang merah untuk membasmi kutu di rambut Anda. Aplikasikan ekstrak bawang merah pada kulit kepala selama tiga hingga empat jam. Setelah itu, bersihkan kutu yang mati dengan sisir dan cuci rambut dengan sampo. Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan cara tersebut tiap tiga hari sekali.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu, lo. Campurkan 15 hingga 20 tetes minyak kayu putih dengan minyak zaitun lalu aplikasikan pada kulit kepala dan rambut. Tutup rambut dengan shower cap selama semalaman lalu bilas dengan sampo.

Baca Juga: 5 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat kutu rambut

Minyak Kelapa

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai obat kutu rambut adalah minyak kelapa. Pertama, aplikasikan minyak kelapa di seluruh area kulit kepala lalu tutup dengan shower cap selama dua jam. Selanjutnya, bilas dengan sampo.

Untuk mendapat hasil yang lebih efektif, Anda perlu mengaplikasikan minyak kelapa lagi setelahnya. Tutup rambut dengan shower cap lalu tutup selama semalaman. Di pagi hari, bilas rambut dengan sampo seperti biasa. Anda bisa melakukan cara tersebut sebanyak dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Ini 4 bahan alami yang bisa dijadikan obat gatal kulit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru