5 Pelembab untuk kulit kering dari bahan alami, mudah dan murah

Kamis, 16 September 2021 | 18:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Pelembab untuk kulit kering dari bahan alami, mudah dan murah

KONTAN.CO.ID - Pemilik tipe kulit kering selalu membutuhkan pelembab supaya kulit tetap sehat. Anda tidak perlu bingung, karena ada banyak pelembab untuk kulit kering yang berasal dari bahan-bahan alami, mudah lagi murah.

Minyak zaitun adalah salah satu jenis bahan alami yang cukup sering digunakan sebagai pelembab alami. Jenis minyak itu kaya akan vitamin E dan antioksidan yang efektif melembabkan dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Radikal bebas yang terus dibiarkan bisa menyebabkan inflamasi dan memunculkan tanda-tanda penuaan. Nah, rutin memakai minyak zaitun bisa mengurangi peradangan dan memperlambat proses kemunculan tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus.

Selain memakai minyak zaitun, Anda bisa mencoba bahan-bahan alami lain berikut ini untuk melembabkan kulit.

Untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan, jangan lupa untuk melakukan uji coba, ya. Anda bisa melanjutkan pemakaian apabila tidak ada reaksi alergi yang muncul.

Baca Juga: 4 Faktor ini bisa jadi penyebab ketombe, sudah tahu?

Manfaatkan lidah buaya

Bukan lagi jadi rahasia jika lidah buaya dipakai untuk melembabkan kulit. MBG Lifestyle menyebutkan, lidah buaya memiliki banyak nutrisi yang dibuthkan kulit. Mulai dari vitamin C, vitamin E, hingga vitamin A.

Gunakan madu

Bahan alami lainnya yang umum dipakai sebagai pelembab untuk kulit kering adalah madu. Tak hanya melembabkan, hasil penelitian menyebutkan,  antimikroba yang terdapat dalam madu efektif mengobati luka di kulit.

Pakai oatmeal

Jika Anda memiliki tipe kulit kering dan sensitif, cobalah untuk memakai oatmeal. Kandungan dalam oatmeal bermanfaat sebagai antiinflamasi dan antihistamin. Artinya, reaksi alergi yang muncul di kulit juga bisa diatasi dengan oatmeal.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Campurkan satu gelas oatmeal yang sudah dihaluskan dalam air yang Anda pakai untuk mandi.

Cobalah untuk rutin menggunakan air tersebut untuk membersihkan bada. Seiring berjalannya waktu, rasa gatal akibat kulit kering bisa hilang.

Coba timun

Mentimun berguna sebagai pelembab untuk kulit kering.

Jika Anda mencari bahan alami yang digunakan sebagai pelembab untuk kulit kering, maka timun tidak boleh Anda lewatkan. Timun memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga mampu melembabkan dan menenangkan kondisi kulit.

Baca Juga: Inilah 5 penyebab kulit kering yang perlu Anda ketahui

Pakai minyak kelapa

MBG Lifestyle juga merekomendasikan minyak kelapa. Asam lemak dalam minyak kelapa mampu meningkatkan produksi kolagen kulit, berperan sebagai antibakteri, dan meningkatkan skin barrier kulit.

Namun, Anda perlu berhati-hati jika ingin memakai minyak kelapa karena bahan alami itu bersifat komedogenik. Asam laurat yang ada dalam minyak kelapa bisa menumpuk di kulit sehingga menyumbat pori-pori dan menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat atau komedo.

Selanjutnya: Masker untuk kulit kering bisa dari 5 bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru