5 Poin Ini Wajib Ada di CV Lamaran Kerja, Anda Sudah Cantumkan?

Kamis, 02 Februari 2023 | 16:32 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Poin Ini Wajib Ada di CV Lamaran Kerja, Anda Sudah Cantumkan?

ILUSTRASI. 5 Poin Ini Wajib Ada di CV Lamaran Kerja, Anda Sudah Cantumkan?


TIPS & TRIK -  Pencari kerja tentunya ingin segera mendapatkan pekerjaan. Agar Curriculum Vitae atau CV Anda menarik di mata perusahaan, ada beberapa poin penting yang harus ada pada CV. 

Mengutip Indeed.com, CV berasal dari bahasa latin yang berarti sumber kehidupan. Di dalam CV terdapat informasi singkat mengenai diri serta pencapaian selama Anda bekerja.

Lampiran daftar riwayat hidup bisa dibuat sendiri atau meminta jasa pembuat daftar riwayat hidup. Dalam pembuatannya, ada poin-poin yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Mengenal Teori Masuknya Ajaran dan Kebudayaan Islam ke Indonesia serta Buktinya

Tidak sembarang informasi bisa Anda masukkan dalam daftar riwayat hidup. Perusahaan juga lebih suka dengan CV yang detail namun tetap singkat dan jelas.

Simak poin-poin penting yang perlu Anda tulis dalam CV untuk melamar kerja yang dihimpun dari Indeed.com dan Monster:

  • Detail informasi diri

Detail informasi diri harus masuk dalam CV, baik untuk melamar kerja, mendaftar beasiswa, atau kepentingan lainnya. Cantumkan nama, alamat e-mail, dan nomor telepon yang masih aktif di Daftar Riwayat Hidup.

Jangan menuliskan alamat e-mail atau nomor telepon yang sudah tidak dipakai karena, perusahaan akan menghubungi Anda melalui e-mail atau nomor telepon tersebut. 

Informasi lain yang bersifat pribadi, seperti status pernikahan dan umur, tidak perlu Anda cantumkan. Namun Anda bisa menambahkan status pernikahan jika memang perusahaan mensyaratkan demikian.

Sudah banyak situs yang bisa mempermudah membuat daftar riwayat hidup secara online. Mereka juga menyediakan template gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan.

  • Pernyataan singkat

Anda perlu menuliskan pernyataan singkat mengenai diri sendiri. Cukup buat satu paragraf yang menonjolkan deskripsi diri, skill, dan pengalaman Anda. 

Gunakan kalimat dan kata yang persuasif agar perusahaan tertarik dengan informasi yang ada di CV.

Tulis kemampuan yang sesuai dengan lowongan yang Anda lamar agar menarik pihak perusahaan. Hindari menambahkan informasi yang tidak perlu. 

Baca Juga: Dana KJP Plus Tahap 2 Tahun 2022 Cair Februari 2023, Ini Besaran yang Diterima

  • Pendidikan

Anda tidak perlu menulis riwayat pendidikan mulai dari SD atau bahkan TK. Cukup tuliskan pendidikan terakhir seperti SMA atau perguruan tinggi

Tulis pendidikan mulai dari SMA dan pendidikan tinggi saja. Jangan lupa tambahkan jurusan yang Anda tempuh saat masih SMA atau kuliah dan IPK yang Anda dapat.  

Sekarang sudah banyak aplikasi membuat daftar Riwayat Hidup dengan template yang bagus. Anda bisa langsung menulis detail informasi tanpa perlu mendesain lagi. 

  • Pengalaman kerja atau organisasi

Meskipun fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja, poin ini tetap harus ada di CV Anda. Anda bisa mencantumkan pengalaman mengikuti organisasi atau kepanitiaan saat masih di bangku perkuliahan.

Pilih organisasi yang paling baru yang Anda ikuti saat masih kuliah atau saat menunggu panggilan kerja.Lebih baik jika mencantumkan organisasi di mana Anda menduduki posisi yang penting.

Cantumkan juga pengalaman freelance jika memang Anda pernah menekuninya. Bagi yang sudah berpengalaman, tulis pengalaman dari yang terbaru ke yang lebih lama. 

Jangan lupa tulis nama perusahaan, posisi terakhir, dan lama bekerja. Tambahkan deskripsi tugas yang Anda kerjakan di posisi tersebut. Jumlah gaji tidak perlu dicantumkan. 

Baca Juga: Syarat dan Cara Mendaftar SPAN PTKIN Tahun 2023, SIswa Perlu Paham

  • Skill yang dimiliki

Jangan sampai lupa untuk menuliskan kemampuan yang Anda miliki di CV. Skill tersebut bisa dari bahasa asing hingga mengoperasikan komputer. 

Anda bisa menulis kemampuan dalam bentuk daftar lalu beri keterangan seberapa jauh kemampuan Anda tersebut. 

Tulis kemampuan yang memang benar-benar Anda kuasai. Jangan pernah menulis kemampuan atau pengalaman yang tidak dikuasai. Tindakan tidak jujur akan membuat Anda kesulitan di proses rekrutmen atau saat bekerja kelak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru