5 Tips Jitu Buat Pencari Kerja saat Melamar Pekerjaan Secara Online

Rabu, 18 Desember 2024 | 11:11 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Tips Jitu Buat Pencari Kerja saat Melamar Pekerjaan Secara Online

ILUSTRASI. 5 Tips Jitu Buat Pencari Kerja saat Melamar Pekerjaan Secara Online.


MENCARI KERJA - Ada banyak pelamar kerja yang mengincar posisi yang sama. Banyaknya pelamar mempengaruhi jumlah kandidat yang akan lolos tahap berikutnya.

Agar lamaran Anda dilirik HRD, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Tata cara melamar yang baik bisa meningkatkan kesempatan Anda lolos ke tahap selanjutnya. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan tips mengenai cara melamar pekerjaan yang baik.

Baca Juga: Catatkan Rekor! Aliran Dana Reksa Dana Obligasi Global Tembus US$600 Miliar pada 2024

Melalui Instagram resminya (18/12), Ditjen Dikti membagi beberapa cara melamar kerja. Di bawah ini poin-poin yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan.

Berikut ini tips tentang cara melamar pekerjaan secara online yang baik dan benar dari Ditjen Dikti.

  • Menggunakan format PDF

Masih banyak pelamar kerja yang mengirim file dalam bentuk Ms. Word atau format lainnya. File dalam bentuk Ms. Word atau jpg kadang menyulitkan HRD saat melakukan penecekan data.

File tersebut kadang tidak rapi sehingga membuat HRD kesulitan membacanya. File PDF bisa dibuka di perangkat apapun tanpa merubah format file. Sehingga memudahkan recruiter dalam mengecek dokumen.

Saat akan mengirimkan dokumen apapun jangan lupa ubah dulu formatnya ke PDF. Ada banyak aplikasi atau website penyedia layanan pengubah format ke PDF. Kebanyakan layanan tersebut gratis dan bisa diatur ukuran file nya. 

Menjadikan semua dokumen dalam satu file PDF

Ada beberapa lowongan kerja yang membutuhkan banyak dokumen. Kebanyakan dokumen tersebut adalah sertifikat keahlian. 

Jika dikirimkan tanpa dijadikan satu, akan memakan banyak memori. Bagian personalia juga kerepotan saat mengunduh dokumen Anda. 

Sebelum dikirim jadikan satu semua dokumen persyaratan. Setelah disatukan jangan lupa ubah format dalam bentuk PDF. 

Kualitas isi CV

Kualitas isi CV juga mempengaruhi kesempatan untuk dipanggil ke tahap selanjutnya. Gunakan format CV yang sesuai dengan posisi yang diambil. 

Gunakan font yang jelas dan tidak berlebihan. Font Serif bisa jadi contoh font formal atau Sans Serif untuk non formal. 

Jangan lupa berikan detail informasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Cantumkan informasi yang sebenar-benarnya dan tidak berlebihan. 

Tonton: Kurangi Emisi Karbon, Produsen Eropa Kerek Harga Mobil Berbahan Bakar

Mengisi badan email

Banyak pelamar kerja yang belum paham cara melamar pekerjaan lewat email. Tidak sedikit yang asal mengirim email dan dokumen tanpa mengisi badan email. 

Mengisi body email bisa menjadi "perkenalan" singkat Anda ke perusahaan. Ceritakan dimana Anda mendapat informasi lowongan kerja hingga pengalaman kerja Anda. 

Gunakan bahasa yang santun dan tidak disingkat. Jika dibutuhkan, Anda bisa menggunakan bahasa Inggris saat menulis di badan email.

Jangan malas

Jangan malas untuk membaca informasi lowongan kerja yang diterima. Perhatikan baik-baik syarat melamar pekerjaan. Baca baik-baik pada poin pengalaman kerja hingga dokumen yang dibutuhkan.

Jika dirasa kurang jelas, Anda bisa menghubungi pihak perusahaan. Tanyakan hal-hal yang berkaitan dengan lowongan kerja yang dibuka. 

Tanyakan informasi yang belum dicantumkan di informasi lowongan kerja. Jangan lupa perhatikan bahasa saat bertanya. Hubungi perusahaan di jam-jam kantor agar lebih cepat direspon. 

Selanjutnya: Perusahaan Peluncuran Roket Asal Jepang Space One Gagal Luncurkan Satelit ke Orbit

Menarik Dibaca: Resep Kue Natal Almond Christmas Spritz Cookies yang Lembut dan Meleleh di Mulut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru