5 Tips Parenting Ala Bill Gates Agar Anak Tumbuh dengan Baik dan Sukses

Kamis, 27 Juni 2024 | 07:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Tips Parenting Ala Bill Gates Agar Anak Tumbuh dengan Baik dan Sukses

ILUSTRASI. 5 Tips Parenting Ala Bill Gates Agar Anak Tumbuh dengan Baik dan Sukses. Justin Tallis//Pool via REUTERS


PARENTING -  Cara mendidik anak yang diterapkan Bill Gates pada ketiga anaknya patut diacungi jempol. Ketiga anak Gates tumbuh menjadi pribadi yang dermawan dan sederhana. 

Selain sikap mereka yang baik, kepintaran ketiga anak Bill Gates juga unggul. Cara mendidik anak ala Bill Gates kemudian banyak dicontoh oleh orang tua.

Anda mungkin juga ingin buah hati Anda seperti anak-anak Bill Gates. Dengan kiat-kiat dari Bill Gates dalam mendidik anak, buah hati bisa tumbuh dengan baik.

Bagaimana cara mendidik anak seperti Bill Gates? Berikut adalah cara mendidik anak yang dirangkum dari Bussiness Insider, dan The Indus Parent.

Baca Juga: 7 Rahasia Sukses Para Miliarder Dunia dalam Karir dan Bisnis, Bisa Anda Contoh

  • Memberikan contoh langsung

Cara mendidik anak yang pertama adalah memberi contoh. Bill Gates menekankan pentingnya memberi contoh bagi anak. Memberikan banyak contoh baik akan membuat anak meniru kebiasaan orang tua. 

Bill Gates selalu memberikan contoh kepada buah hati seperti membaca buku. Hasilnya, anak-anak Gates mengikuti kebiasaan sang ayah. 

Memberikan nasihat tanpa memberikan contoh yang nyata akan susah diterima anak. Mereka lebih cepat mencerna perilaku dibandingkan kalimat. 

Jadi berilah contoh perilaku yang baik, agar buah hati juga ikut meniru perilaku baik Anda. 

  • Jangan membatasi potensi anak

Bill Gates memiliki dua putri dan satu putra. Mereka bertiga bebas menentukan apa yang terbaik untuk hidup mereka. Banyak orang tua yang membatasi pilihan anak karena jenis kelamin atau gender mereka.

Ada banyak norma tidak tertulis yang kemudian menghambat anak untuk berkembang, contohnya seperti anak perempuan tidak cocok bekerja di lapangan atau berkaitand engan teknik.

Sejatinya setiap anak memiliki potensi yang sama untuk berkembang, terlepas dari gender mereka.

Dukung segala keinginan buah hati Anda selama hal tersebut baik dan bermanfaat. Terlepas dari gender mereka, anak-anak berhak memilih apa yang mereka sukai.

  • Menjaga emosi

Menjaga emosi merupakan salah satu aspek dari "Love and Logic" model parenting. Model ini dikembangkan oleh tiga orang dari beragam latar belakang. 

Bill Gates mengadopsi cara mendidik anak ini dan menerapkan pada anak-anak mereka. Sistem mendidik anak ini menekankan kontrol emosi orang tua penting dalam tumbuh kembang anak.

Membentak dan memarahi anak secara berlebihan justru bukan metode yang baik untuk anak. Ganti metode tersebut dengan memberikan pujian dan reward agar anak semakin terpacu.

Baca Juga: 11 Fakta Menarik Bill Gates, Pernah Ditahan hingga Dirikan Yayasan Kemanusiaan

  • Jangan memberikan alat elektronik pada anak

Sudah menjadi rahasia umum jika Bill Gates tidak memberikan gadget pada anaknya. Gates yakin bahwa gadget akan menghambat perkembangan anak.

Penggunaan gawai pada anak justru berpotensi membuat anak kecanduan. Memfasilitasi anak dengan gawai justru akan mempersulit orang tua mengawasi buah hati. 

Biarkan anak berkembang dengan cara bermain permainan yang edukatif. Anda bisa membelikan mainan seperti lego atau puzzle untuk mengasah kecerdasan anak. Cara mendidik anak ini bisa membantu kecerdasan anak lebih berkembang.

  • Ajarkan anak untuk hidup sederhana

Meskipun bergelimpangan harta, Bill Gates tidak mendidik anak dengan memberikan materi. Gates justru mengajarkan tentang hidup sederhana. 

Dengan hidup sederhana, anak bisa lebih siap dengan kehidupan di luar sana. Mereka juga bisa lebih menghargai arti dari uang.

Bill Gates bahkan menerapkan "kerja berbayar" di rumah. Anak diminta mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, kemudian diberi uang jajan yang cukup.

Konsep ini dapat membantu anak memahami bahwa mendapatkan uang harus dengan bekerja keras.

Selanjutnya: IHSG Berpotensi Melanjutkan Penguatan Pada Hari Ini, Kamis (27/6)

Menarik Dibaca: IHSG Berpotensi Melanjutkan Penguatan Pada Hari Ini, Kamis (27/6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru