6 Buah yang efektif menghilangkan gejala dan menetralkan asam lambung

Rabu, 08 September 2021 | 16:35 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
6 Buah yang efektif menghilangkan gejala dan menetralkan asam lambung

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda penderita asam lambung? Ini 6 buah yang efektif menghilangkan gejala dan mentralkan kadar asam lambung. 

Asam lambung, penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat. Gangguan pencernaan ini muncul karena dipengaruhi banyak hal beberapa diantaranya seperti, 

  • Konsumsi alkohol
  • Merokok 
  • Stres
  • Konsumsi makanan pedas dan berlemak 
  • Obesitas
  • Konsumsi minuman berkarbonasi, kopi, dan teh

Salah satu gejala naiknya kadar asam lambung adalah heartburn alias dada terasa terbakar. Kondisi ini terjadi karena adanya iritasi lapisan pipa makanan.

Baca Juga: Menderita diabetes melitus? Duwet ampuh menurunkan gula darah tinggi

Mengutip dari Food.NDTV.com, Dr Rommel Tickoo, Konsultan Penyakit Dalam Max Super Specialty Hosipital mengatakan asam lambung bisa dihilangkan dengan menghindari makanan pedas, jeruk dan memilih makanan yang membantu menetralisir kelebihan asam. 

"Pilih makanan yang lebih kecil, sebab makanan dengan porsi besar memberi tekanan pada segmen intra-abdominal (LES) memicu asam lambung," tambahnya. 

Rommel juga menyarankan untuk menjaga berat badan. Alasannya, lemak perut ekstra memberi tekanan pada perut sehingga mendorong cairan lambung naik ke kerongkongan. 

Selain itu, asam lambung juga bisa diredakan dengan mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat dan mengandung potasium. 

Berikut 6 buah kaya vitamin dan serat yang bisa menurunkan asam lambung tinggi. 

1. Pisang 

Pisang merupakan sumber potasium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Kandungan serat dalam pisang bisa meningkatkan pencernaan dan mengurangi refluks. 

2. Pepaya 

Buah tropis yang satu ini dikonsumsi sehari-hari oleh sebagian masyarakat. Jangan heran, sebab pepaya bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, menjaga kesehatan tulang dan meredakan asma. 

Pepaya mengandung vitamin K, beta karoten, kalsium, dan sumber vitamin A. Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang bisa meningkatkan pencernaan serta mengurangi gejala asam lambung. 

3. Semangka 

Buah yang kaya akan air ini mengandung antioksidan, vitamin C, A, dan asam amino. Kandungan air dalam semangka bisa membantu melancarkan sistem pencernaan serta menjaga tubuh tetap terhidrasi, 

Yang terpenting, semangka bisa menetralkan asam di perut dan mengurangi gejala asam lambung. 

4. Ara 

Buah ara mengandung gula alami, mineralm kalium, kalsium, dan zat besi. Kandungan serat dalam buah ara membantu melancarkan buang air besar dan gangguan pencernaan. 

Bahkan, buah ara bisa mencegah sembelit. 

5. Apel 

Siapa yang tidak kenal apel. Buah yang populer di dunia ini mengandung vitamin A, C, D, B-16, B-12, kalisum, zat besi, dan magnesium. 

Kandungan dalam buah apel tersebut berkhasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membuat buang air besar menjadi teratur. 

Yang terpenting, apel bisa mengurangi kadar asam di dalam perut serfta menenangkan perut. 

6. Persik 

Buah persik mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12, dan C yang bermanfaat untuk mengobati diabetes, masalah kulit, kanker kolekteral, dan lainnya. 

Buah ini mengandung kadar asam rendah dan baik dikonsumsi penderita asam lambung. 

Baca Juga: Kaya vitamin C, amankah air lemon dikonsumsi penderita diabetes secara rutin?

Selanjutnya: Mengandung banyak vitamin, ini efek samping tomat untuk kesehatan

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru