6 Cara Mencegah Gigi Berlubang Sejak Dini Lewat Kebiasaan Baik

Senin, 29 April 2024 | 07:57 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Cara Mencegah Gigi Berlubang Sejak Dini Lewat Kebiasaan Baik

ILUSTRASI. Gigi berlubang


KESEHATAN - JAKARTA. Simak tips dan cara mencegah gigi berlubang dengan mudah. Kesehatan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan.

Gigi yang sehat tidak hanya memberikan senyum yang menarik, tetapi juga mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dalam upaya menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang, langkah-langkah kecil sehari-hari memiliki peran yang sangat besar.

Mulai dari kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari hingga menjaga pola makan yang sehat, setiap tindakan kecil dapat memberikan dampak yang signifikan.

Baca Juga: Ini 7 Makanan Bervitamin untuk Gigi Sehat secara Alami

Cara mencegah gigi berlubang

Sakit gigi

Sikat gigi secara teratur dengan pasta gigi yang mengandung fluoride adalah langkah pertama yang penting dalam menjaga kebersihan mulut. Selain itu, penggunaan benang gigi secara rutin membantu membersihkan bagian-bagian gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Penggunaan obat kumur juga dapat membantu membunuh bakteri dan menjaga kesegaran napas. Selain dari rutinitas kebersihan mulut, penting juga

Dengan menjaga kebersihan mulut dan pola makan yang sehat, kita dapat mengurangi risiko gigi berlubang dan menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan baik.

Simak informasi terkait tips dalam pencegahan gigi berlubang sejak dini, dilansir dari laman Summer Dentist.

Baca Juga: Kenali 5 Penyabab Lidah Putih dan Pahit, Cek Panduan Menanganinya

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Kebersihan mulut yang baik penting untuk mencegah gigi berlubang. Setiap regimen kebersihan yang efektif dimulai dengan menyikat gigi dua kali sehari - sekali pada pagi hari dan sekali sebelum tidur.

Menyikat gigi Anda selama sekitar 2 hingga 3 menit dengan pasta gigi yang direkomendasikan oleh dokter gigi (lebih baik yang mengandung larutan fluoride) membersihkan gigi dengan menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri, yang disebut plak.

Gigi berlubang adalah penumpukan plak yang telah mengeras pada gigi dan menyerang gigi dengan asam yang menyebabkan erosi dan kantong-kantong.

Dengan menyikat gigi dua kali sehari, Anda menghilangkan plak dan partikel makanan yang diperlukan plak untuk tumbuh.

Seseorang yang rajin dalam kebersihan mulut bahkan akan menyikat gigi setelah setiap makan untuk menghilangkan makanan dan bakteri secepat mungkin tidak memberikan kesempatan bagi gigi berlubang untuk terbentuk.

2. Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi Setiap Hari

Hal kedua yang penting dalam rutinitas kebersihan mulut yang efektif adalah menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari.

Gigi memiliki 5 permukaan yang rentan terhadap gigi berlubang dan menggunaan benang gigi (atau menggunakan alat pembersih antar gigi lainnya) adalah satu-satunya cara untuk membersihkan dua dari permukaan tersebut dan mencegah gigi berlubang dari ruang yang sangat kecil ini.

Sementara menyikat gigi membersihkan permukaan depan, belakang, dan pengunyahan gigi, menggunakan benang gigi adalah satu-satunya cara untuk mencapai permukaan yang berada di antara setiap gigi dan membersihkan kantong yang terbentuk di dasar gusi.

Ini berarti bahwa penggunaan benang gigi menyumbang 40% untuk mencegah gigi berlubang.

3. Berkumur Dengan Obat Kumur

Alat ketiga dalam kit kebersihan mulut adalah obat kumur. Menggunakan obat kumur dua kali sehari setelah menyikat gigi adalah cara yang bagus untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin tersisa di mulut Anda setelah menyikat gigi.

Pastikan untuk mengikuti instruksi yang disertakan dengan obat kumur untuk memastikan bahwa berkumur secara efektif.

Kebanyakan obat kumur mengarahkan Anda untuk berkumur sekitar 30ml cairan selama 30 detik. Dengan melakukan ini, obat kumur akan membunuh plak yang menghasilkan gigi berlubang, kuman dan sisa makanan meninggalkan mulut Anda bersih dan segar.

4. Minum Banyak Air

Ada banyak manfaat minum air dan tetap terhidrasi dalam mencegah gigi berlubang. Pertama, dengan minum air sepanjang hari secara terus-menerus membilas mulut dengan cara yang dapat mengendurkan dan menghilangkan gula dan sisa makanan yang menjadi makanan plak.

Selain itu, hidrasi dengan air (bukan soda, kopi, alkohol, atau minuman manis lainnya) mendorong produksi air liur. Air liur menjaga mulut tetap lembab, sebagai obat kumur alami tubuh.

Komponen dan elektrolit yang ditemukan dalam air liur Anda digunakan untuk menguraikan makanan untuk memulai proses pencernaan dan untuk membunuh bakteri.

Akibatnya, semakin banyak air liur yang Anda miliki di mulut, semakin banyak pertahanan yang dimiliki terhadap plak dan gigi berlubang.

5. Hindari Camilan

Apabila Anda terus menerus makan dan minum (selain air) sepanjang hari dan ngemil di antara makanan, Anda memperkenalkan lebih banyak gula dan partikel makanan ke mulut yang menjadi makanan bagi bakteri.

Selain itu, asam yang berasal dari camilan dan minuman ini juga dapat memiliki efeknya sendiri pada gigi Anda, menyebabkan kerusakan gigi.

Dengan ngemil di antara makanan, gigi akan terus-menerus diserang dan gigi berlubang mungkin terjadi.

Ketika makan dan minum selama makanan utama, produksi air liur Anda akan mencapai puncak yang akan melawan makanan dan asam yang diperkenalkan dengan demikian mengurangi risiko pertumbuhan bakteri.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Diet gula adalah katalis terbesar bagi pertumbuhan bakteri dan gigi berlubang. Untuk mencegah gigi berlubang, penting untuk membatasi asupan gula Anda melalui makanan dan minuman.

Coklat berpemanis, permen, dan permen karet adalah penyebab utama yang besar untuk menyebabkan gigi berlubang. Adalah lebih baik untuk menghindari makanan ini sebisa mungkin.

Saat makan makanan dan minuman manis dan asam pastikan untuk menyikat gigi setelahnya dan mencoba untuk makan makanan ini jauh sebelum waktu tidur.

Makanan yang dimakan di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan risiko gigi berlubang terbesar karena kemampuannya meninggalkan sisa makanan di mulut sepanjang malam.

Demikian penjelasan terkait cara mencegah gigi berlubang yang memerlukan konsistensi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru