6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Senin, 05 Juni 2023 | 08:36 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara mengatasi Google Play Store tidak bisa download aplikasi. Pengguna HP Android bisa saja mengatasi masalah ini dengan mudah.

Google Play Store merupakan toko aplikasi resmi untuk perangkat Android yang dikembangkan oleh Google.

Fitur ini terdapat di setiap HP Android yang memungkinkan pengguna untuk mencari, mengunduh, dan memperbarui aplikasi dan game untuk perangkat Android.

Google Play Store menyediakan berbagai macam aplikasi, mulai dari game, utilitas, sosial media, hingga aplikasi produktivitas.

Baca Juga: 3 Cara Login WhatsApp Web di HP hingga Masuk Tanpa QR Code dengan Mudah

Cara mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download

Namun, seperti halnya aplikasi lainnya, Google Play Store juga dapat menghadapi beberapa masalah.

Beberapa masalah umum yang mungkin terjadi dengan Google Play Store adalah:

  • Tidak bisa mendownload aplikasi: Beberapa pengguna mungkin mengalami masalah di mana Play Store tidak dapat mengunduh atau memperbarui aplikasi. Ini bisa disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil, masalah cache atau data, atau masalah dengan perangkat itu sendiri.
  • Galat atau kesalahan saat mengunduh: Terkadang, pengguna dapat menerima pesan galat saat mencoba mengunduh aplikasi dari Play Store. Ini bisa disebabkan oleh masalah server, kesalahan koneksi, atau masalah lainnya yang terkait dengan Play Store.
  • Aplikasi hilang dari Play Store: Kadang-kadang, pengguna mungkin menemukan bahwa aplikasi tertentu tidak lagi tersedia di Play Store atau tidak dapat ditemukan. Ini bisa terjadi jika pengembang menghapus aplikasi dari toko, jika aplikasi tidak memenuhi kebijakan Play Store, atau jika ada masalah teknis lainnya.

Saat mengalami masalah dengan Google Play Store yang tidak bisa mendownload aplikasi ikuti langkah mudah berikut.

Simak beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi tidak bisa download melalui Google Play Store.

Baca Juga: Penyebab WhatsApp Web atau Dekstop Tidak Bisa Terhubung dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi Google Play Store tidak bisa download aplikasi

1. Periksa koneksi internet

Masalah tidak bisa download melalui Google Play Store bisa diatasi dengan koneksi internet yang baik. Nah, pastikan pengguna memiliki koneksi internet yang stabil.

Pengguna bisa mencoba matikan dan hidupkan kembali koneksi Wi-Fi atau data seluler HP. Saat menggunakan Wi-Fi, pastikan sinyalnya kuat dan tidak ada masalah dengan router atau modem.

2. Hapus cache dan data

Selain itu, untuk mengatasi Google Play Store tidak bisa download adalah menghapus cache. Pengguna dapat membuka Pengaturan di HP Android, lalu cari aplikasi "Google Play Store" dalam daftar aplikasi yang diinstal.

Pengguna bisa memilih aplikasi tersebut, kemudian pilih Hapus Cache dan Hapus Data. Setelah itu, coba buka kembali Google Play Store dan lihat apakah masalahnya teratasi.

3. Periksa ruang penyimpanan

Pengguna memiliki ruang penyimpanan yang cukup di perangkat. Saat penyimpanan penuh, itu dapat menghambat kemampuan Play Store untuk mendownload aplikasi.

Kemudian, pengguna dapat menghapus beberapa file atau aplikasi yang tidak terpakai untuk membebaskan ruang penyimpanan.

4. Perbarui Google Play Store

Pengguna bisa menggunakan versi terbaru dari Google Play Store, pastikan pengguna mendapatkan notifikasi pembaruan.

Pengguna bisa buka Google Play Store, buka menu "Pengaturan", lalu gulir ke bawah, dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Saat ada, lakukan pembaruan aplikasi tersebut.

5. Nonaktifkan VPN atau proxy

Saat Anda menggunakan VPN atau proxy, cobalah untuk menonaktifkannya sementara. Beberapa VPN atau proxy dapat menyebabkan masalah dalam mengunduh aplikasi dari Play Store.

Setelah menonaktifkan VPN atau proxy, coba buka kembali Play Store dan lihat apakah masalahnya teratasi.

6. Restart perangkat

Langkah lain untuk mengatasi Google Play Tidak Bisa Download adalah restart perangkat pengguna. Pembaruan dan pengaturan yang tertunda mungkin perlu diperbarui dan dipulihkan dengan memulai ulang perangkat.

Demikian beberapa cara mengatasi Google Play Store yang tidak dapat berjalan untuk download aplikasi di HP Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru