6 Cara menghilangkan sakit kepala, mudah Anda lakukan

Senin, 06 September 2021 | 19:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Cara menghilangkan sakit kepala, mudah Anda lakukan

KONTAN.CO.ID - Sakit kepala merupakan salah satu kondisi yang cukup mengganggu. Maka dari itu, cobalah untuk segera mempraktikkan cara menghilangkan sakit kepala.

Dengan begitu, aktivitas yang sedang Anda lakukan bisa berjalan sesuai rencana. Cara mengatasi sakit kepala pertama yang perlu Anda lakukana adalah minum air putih.

Biasanya, sakit kepala terjadi karena tubuh Anda kekurangan cairan. Melansir Healthline, sakit kepala bisa hilang dalam jangka waktu minimal 30 menit setelah Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Mengonsumsi bahan alami yang mengandung banyak air, seperti semangka, juga bisa Anda coba. dengan begitu, tubuh menjadi tak dehidrasi sehingga sakit kepala pun reda. Apalagi sakit kepala migrain atau tension.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak obat sakit kepala yang layak untuk dijadikan pilihan. Namun, jika sakit kepala terus terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama, jangan ragu untuk membicarakannya ke dokter, ya.

Baca Juga: Catat! 14 ciri-ciri darah tinggi yang tidak boleh Anda sepelekan

Batasi konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol lebih dari batas toleransi tubuh Anda bisa memicu sakit kepala. Jenis minuman itu mampu memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar.

Mengonsumsi alkohol juga mampu meningkatkan frekuensi buang air kecil yang mana memperbesar risiko dehidrasi.

Pakai essential oil

Essential oil menjadi salah satu obat pusing yang bisa Anda coba. Anda bisa mengoleskan essential oil di pelipis atau di antara mulut dan hidung supaya aromanya bisa terhirup.

Pilihan essential oil pun beragam, misalnya, minyak lavender dan minyak peppermint.

Gunakan kompres dingin

Kompres dingin juga termasuk salah satu cara menghilangkan sakit kepala, lo. Letakkan kompres dingin di bagian leher atau kepala.

Dengan begitu, inflamasi, pembuluh darah, dan saraf yang tegang dapat berkurang sehingga sakit kepala tak lagi Anda alami.

Konsumsi kafein

Tahukah Anda bahwa kafein bisa digunakan sebagai obat sakit kepala alami? Kafein mampu mengerutkan pembuluh darah, menaikkan mood, dan meningkatkan kewaspadaan yang mana bisa meredakan sakit kepala.

Anda bisa menemukan kafein di kopi, teh, atau jenis minuman yang lain. Meski demikian, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak, ya. Tetap batasi konsumsi kafein supaya tak muncul efek samping.

Baca Juga: Asam lambung naik di malam hari, ini 6 cara mengatasinya

Lakukan yoga

Yoga bisa dijadikan cara menghilangkan sakit kepala.

Healthline merekomendasikan yoga sebagai salah satu cara menghilangkan sakit kepala. Selain meningkatkan fleksibilitas tubuh, rutin melakukan yoga bisa meredakan stres dan mengurangi frekuensi sakit kepala.

Tidur

Cara meredakan sakit kepala yang tak boleh Anda lupakan adalah mendapat waktu tidur yang berkualitas. Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam per malam. Dengan begitu, frekuensi sakit kepala dapat berkurang.

Selanjutnya: 6 Kiat menghilangkan mual akibat asam lambung naik

Editor: Belladina Biananda
Terbaru