CLOSE [X]

6 Cara Mengusir Kutu Rambut dengan Bahan Alami dari Rumah

Rabu, 22 November 2023 | 14:18 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Cara Mengusir Kutu Rambut dengan Bahan Alami dari Rumah

ILUSTRASI. 6 Cara Mengusir Kutu Rambut dengan Bahan Alami dari Rumah


Cara Mengusir Kutu Rambut - JAKARTA. Intip cara mengusir kutu rambut dengan bahan alami. Kondisi rambut yang tidak sehat bisa saja menjadi pemicu kedatangan kutu rambut.

Kutu rambut (Pediculus humanus capitis) adalah serangga parasit yang hidup di rambut manusia dan menghisap darah dari kulit kepala.

Ini merupakan makhluk kecil yang tidak memiliki sayap, tetapi memiliki kaki yang kuat yang memungkinkan mereka bergerak dengan cepat di antara helai rambut.

Serangga ini tidak dapat terbang atau melompat, tetapi bisa merangkak dengan efisien.

Baca Juga: Kenali 8 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Sudah Coba?

Kutu rambut

Kutu rambut menyebabkan ketidaknyamanan dan dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit kepala.

Mereka biasanya tidak menyebabkan penyakit serius, tetapi infestasi kutu rambut dapat menjadi masalah yang mengganggu dan perlu segera diatasi.

Faktor Penyebab Munculnya Kutu Rambut:

  • Kontak Langsung: Penyebab utama munculnya kutu rambut adalah kontak langsung dengan seseorang yang sudah terinfestasi. Kutu dapat berpindah dari satu kepala ke kepala lainnya melalui sentuhan kepala atau pertukaran barang pribadi seperti sisir, topi, atau handuk.
  • Kondisi Lingkungan: Kutu rambut lebih umum muncul di lingkungan yang padat dan dekat, seperti di sekolah, taman bermain, atau tempat-tempat umum lainnya di mana kontak fisik antarorang lebih sering terjadi.
  • Kepribadian Kebersihan: Kutu rambut tidak memilih target berdasarkan tingkat kebersihan. Mereka dapat muncul pada siapa saja, terlepas dari kebersihan rambut atau kebersihan tubuh.
  • Berbagi Barang Pribadi: Berbagi barang pribadi seperti sikat, topi, handuk, atau bantal dengan orang yang terinfestasi dapat menyebabkan penyebaran kutu rambut.
  • Pertumbuhan dan Perkembangan: Kutu rambut berkembang biak dengan cepat. Telur kutu, yang disebut net, menetas menjadi larva dalam waktu beberapa hari hingga satu minggu, dan larva tersebut kemudian berkembang menjadi kutu dewasa dalam waktu sekitar 10 hingga 12 hari.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Kalsium dan Akibatnya Bagi Tubuh

Bahan alami untuk mengusir kutu rambut

Anda bisa memakai beberapa bahan alami yang diklaim bisa digunakan untuk mengatasi kutu rambut yang membandel. Bahan alami ini termasuk bawang putih dan merah, hingga jenis minyak alami di rumah.

Simak daftar bahan alami untuk mengusir kutu rambut yang bisa dipakai secara rutin dirangkum dari laman Medical News Today.

1. Bawang Putih

Ada khasiat dari bawang putih juga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk kutu rambut. Tumbuk delapan hingga 10 siung bawang putih, tambahkan sedikit air jeruk nipis hingga membentuk pasta.

Aplikasikan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut selama minimal 30 menit, kemudian bilas dengan sampo.

2. Bawang Merah

Menurut rekomendasi, bawang merah dapat digunakan untuk mengatasi kutu rambut. Oleskan ekstrak bawang merah ke kulit kepala selama tiga hingga empat jam. Setelah itu, bersihkan kutu yang sudah mati dengan sisir dan cuci rambut dengan sampo. Untuk hasil maksimal, ulangi proses ini setiap tiga hari.

3. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga efektif untuk mengusir kutu rambut. Anda bisa mencampurkan 15 hingga 20 tetes minyak kayu putih dengan minyak zaitun, lalu aplikasikan ke kulit kepala dan rambut.

Lalu, pasang tutup rambut dengan shower cap semalaman dan bilas dengan sampo keesokan harinya.

4. Minyak Zaitun

Salah satu bahan yang dapat dicoba untuk mengusir kutu rambut adalah minyak zaitun. Oleskan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan rambut, biarkan selama 15 hingga 20 menit.

Setelah itu, sikat rambut menggunakan sisir kutu, dan bersihkan sisa minyak dengan menggunakan sampo yang biasa Anda gunakan.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami lain yang cocok digunakan sebagai pengobatan kutu rambut. Pertama, oleskan minyak kelapa ke seluruh kulit kepala dan tutup dengan shower cap selama dua jam. Kemudian, bilas rambut dengan sampo.

Untuk hasil yang lebih efektif, ulangi proses ini dengan mengaplikasikan minyak kelapa dan menutup rambut semalaman. Bilas rambut dengan sampo pada pagi hari. Proses ini dapat diulangi dua kali seminggu.

6. Tea Tree Oil

Minyak Tea Tree adalah pengobatan rumahan yang populer untuk banyak kondisi kulit karena sifat antimikrobanya.

Uji coba kontrol acak tahun 2018 membandingkan pengobatan yang mengandung minyak pohon teh lemon dan minyak kayu putih dengan pengobatan yang mengandung piperonil butoksida dan piretrin.

Para peneliti menemukan bahwa pengobatan dengan minyak pohon teh dua kali lebih efektif dalam mengobati kutu dibandingkan pilihan pengobatan lainnya. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan.

Produk yang mengandung minyak pohon teh juga dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang, pastikan Anda melakukan uji tempel sebelum mengaplikasikannya ke seluruh kepala.

Itulah panduan mudah cara mengusir kutu rambut dengan bahan alami dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru