6 Cara Mengusir Semut dari Laptop yang Mengganggu Pengguna

Rabu, 17 April 2024 | 09:02 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Cara Mengusir Semut dari Laptop yang Mengganggu Pengguna

ILUSTRASI. Cara Mengusir Semut dari Laptop yang Mengganggu Pengguna


LAPTOP - JAKARTA. Simak cara mengusir semut dari Laptop yang cukup mengganggu. Apakah Anda pernah menemukan semut berkeliaran di sekitar laptop Anda?

Kemunculan semut di laptop bisa menjadi masalah yang menjengkelkan dan membingungkan penggunanya.

Meskipun ini mungkin terdengar aneh, namun semut sering kali tertarik untuk menjelajahi laptop karena mencari makanan atau tempat yang hangat.

Namun, kehadiran semut dapat mengganggu kinerja laptop dan bahkan merusaknya jika tidak segera ditangani.

Oleh karena itu, penting untuk segera mengusir semut dari laptop Anda dan mencegah mereka kembali lagi.

Baca Juga: Ini Cara Menyambungkan HP ke Bluetooth Mobil Agar Perjalanan Mengasyikan

Tips mengusir semut dari laptop

Membersihkan laptop

Simak tips dan cara mengusir semut dari laptop yang mudah dilakukan dengan prakits, dilansir dari Miss Ollie.

1. Goyang Laptop

Cara pertama untuk mencegah semut menetap di dalam laptop adalah dengan menggoyang-goyangkan laptop tersebut. Ini mungkin merupakan hal terbaik yang harus dicoba pertama kali jika Anda melihat ada semut yang merangkak di bawah salah satu tombol atau masuk ke lubang ventilasi.

Menggoyangkan laptop akan membuat semut menyadari bahwa ini bukanlah tempat yang bagus untuk tinggal, dan semoga saja, makhluk kecil itu akan pindah dengan sendirinya.

2. Buka laptop dan bersihkan

Cara yang lebih terlibat dan membutuhkan banyak tenaga untuk mengusir semut dari laptop Anda adalah dengan membersihkannya dengan benar.

Ini akan melibatkan membuka laptop dan membersihkannya di dalam. Ini juga akan memungkinkan untuk melihat sejauh mana infestasi, sehingga Anda dapat mengeluarkan semua semut yang ditemui di sana, satu per satu jika diperlukan.

Satu-satunya masalah dengan ini adalah bahwa tidak setiap pengguna laptop merasa nyaman memainkan peran teknisi laptop dan membuka penutupnya, dalam hal ini bisa membawa laptop ke profesional untuk dibersihkan oleh seseorang yang dilakukan, atau bisa mencoba metode lain.

3. Gunakan penyedot debu

Cara lain untuk mengeluarkan semut dari laptop Anda adalah dengan menggunakan penyedot debu. Untuk melakukannya, ambil penyedot debu dan letakkan dekat dengan celah mana pun tempat semut bisa masuk dan keluar seperti tombol atau ventilasi, lalu nyalakan.

Jika Anda ingin mencoba ini, sebaiknya gunakan penyedot debu kecil yang bisa dipegang tangan atau setidaknya yang memiliki lampiran nosel yang sesuai, dan juga tidak boleh menggunakan yang terlalu kuat.

Jangan tekan penyedot debu terlalu dekat dengan laptop juga - karena jika penyedot debu terlalu kuat atau memegangnya terlalu dekat, itu mungkin akan mencabut tombol Anda dan mengisapnya juga.

4. Lap dengan disinfektan

Anda bisa mencoba membersihkan laptop dengan kain yang direndam dalam disinfektan. Bau disinfektan akan sangat tidak menarik bagi semut, menyebabkan mereka keluar dari laptop dengan banyak.

Tentu saja, kain yang digunakan tidak boleh terlalu basah ketika Anda membersihkan laptop dengan itu. Jika tidak, air dan disinfektan akan menyiram ke dalam laptop, menyebabkannya tidak berfungsi.

Ini berarti harus meremas kain Anda dengan baik sebelum mengelap sehingga hanya meninggalkan jejak kelembaban ke permukaan.

Lap di seluruh keyboard serta di bagian lain perangkat, memberikan perhatian khusus pada setiap celah di mana semut mungkin memiliki akses.

Kemudian yang perlu Anda lakukan hanyalah meletakkannya di suatu tempat dan biarkan selama tiga puluh menit atau lebih untuk membiarkan semut menemukan jalan keluar.

5. Segel dalam kantong kedap udara

 Salah satu tips lainnya adalah menutup laptop dalam kantong plastik untuk mengepung semut mungkin berhasil, dan pada teorinya, ini bisa berhasil.

Namun, masalah dengan ini adalah semut dapat menahan napas mereka selama sekitar 24 jam dan bahkan setelah itu, karena hanya membutuhkan sedikit udara untuk bernapas, masih akan ada banyak udara di dalam kantong plastik.

Artinya ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mati. Teknik ini mungkin dapat berhasil dengan cara membiarkan mati kelaparan karena tidak akan bisa keluar dari perangkat dan mencari makanan.

Sayangnya, ini akan tergantung pada ukuran simpanan remah-remah kue dan makanan lain yang temukan di laptop.

Mengemas laptop dalam kantong plastik mungkin layak dicoba jika Anda tidak akan perlu menggunakannya selama setidaknya seminggu atau lebih tetapi bagi kebanyakan orang, itu tidak akan pernah praktis, dalam hal ini, mungkin ada cara yang lebih cepat untuk menyelesaikan masalah ini.

6. Taruh di bawah sinar matahari

Semut tidak suka saat menjadi terlalu panas, jadi menempatkan laptop Anda di bawah sinar matahari langsung dapat membujuk mereka untuk pindah.

Ini adalah teknik yang efektif yang tidak memerlukan keterampilan khusus atau pengetahuan IT. Apabila matahari terlalu panas, Anda berisiko melelehkan laptop, jadi jangan mencobanya di tengah musim panas jika tinggal di tempat dengan iklim yang sangat hangat.

Demikian tips yang bisa Anda coba untuk mengusir semut dari Laptop yang cukup mengganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru