6 Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sabtu, 29 April 2023 | 10:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


KESEHATAN - Sesbania grandiflora atau dikenal dengan bunga turi adalah tanaman yang termasuk dalam famili Fabaceae dan genus Sesbania. Ternyata ada sejumlah manfaat bunga turi atau tanaman yang banyak ditemui di Indonesia ini. 

Tanaman bunga turi adalah tanaman yang mudah ditemui di India, Filipina, Malaysia, Indonesia dan juga banyak tumbuh di Meksiko maupun Amerika Serikat bagian Barat Daya.

Manfaat bunga turi membuat tanaman ini banyak diolah menjadi masakan seperti campuran pecel atau dioseng. Selain itu, manfaat bunga turi juga membuatnya digunakan sebagai obat-obatan. 

Baca Juga: Selain Bawang Putih, Ini 7 Bahan Alami yang Bikin Kolesterol Jahat Minta Ampun

Namun, ada beberapa macam bunga turi yakni berwarna merah, kuning, biru, dan putih. Bunga turi berwarna merah lebih bergizi karena sarat dengan senyawa fenolik. 

Sedangkan bunga turi putih lebih disukai karena tidak terlalu pahit. Salah satu manfaat bunga turi adalah untuk mengobati diare, infeksi mikroba, disentri, dan penyakit radang. 

Selain itu, apa saja manfaat bunga turi untuk kesehatan? 

Baca Juga: 7 Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Anemia

Kandungan nutrisi bunga turi

Manfaat bunga turi juga bisa digunakan untuk mengobati diare.

Dirangkum dari laman Netmeds.com, kandungan gizi bunga dan daun turi yakni protein, mineral dan vitamin. Bunga turi adalah sumber vitamin A, folat, thiamin, niasin, dan vitamin C yang baik.

Bunga turi juga menghasilkan banyak magnesium, fosfor, potasium, dan selenium. Menurut National Institute of Nutrition, daun bunga turi mengandung 8 gram protein serta mengandung 8 asam amino esensial dan kalsium dalam jumlah yang luar biasa.

Biji bunga turi juga mengandung agen kemoprotektif yang kuat seperti leucocyanidin dan cyanidin. Selain itu, bijinya juga mengandung Saponin dan Sesbanimide yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang kuat dan mendetoksifikasi tubuh. 

Baca Juga: Ditopang PPnBM dan Bunga, Kinerja Emiten Otomotif Ciamik

Manfaat bunga turi untuk kesehatan 

Manfaat bunga turi juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, berikut adalah sejumlah manfaat bunga turi untuk kesehatan: 

1. Manfaat bunga turi untuk mengobati diare 

Manfaat bunga turi juga bisa digunakan untuk mengobati diare. Kulit pohonnya digunakan untuk mengobati diare, gonore, malaria dan cacar.

Sementara, manfaat bunga turi digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala, rabun senja, dan katarak. Daunnya juga telah digunakan dalam mengobati beberapa penyakit termasuk migrain, sinusitis, demam, dan gangguan pernapasan. 

Baca Juga: 7 Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Anemia

2. Manfaat bunga turi untuk meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat bunga turi juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun tanaman bunga turi mengandung antioksidan yang kuat dan menjaga membran sel melawan oksidasi radikal bebas serta mencegah kerusakan DNA. 

Selain itu, daun bunga turi juga memiliki efek imunomodulator terhadap hipersensitivitas.

Imunomodulator adalah substansi yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah untuk mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

Baca Juga: Nol Kolesterol, Ini Manfaat Bok Choy untuk Kesehatan

3. Manfaat bunga turi untuk efek antimikroba

Manfaat bunga turi juga memiliki efek antimikroba dan antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, daun dan bunganya memiliki efek antimikroba yang kuat terhadap E. coli, Staphylococcus aureus. Serta akarnya memiliki efek antituberkulosis terhadap Mycobacterium tuberculosis.

Baca Juga: Luar biasa! Ini 6 manfaat teh daun jambu biji untuk kesehatan

4. Manfaat bunga turi dalam mengelola diabetes

Manfaat bunga turi juga ampuh mengendalikan lonjakan gula darah. Secara rutin mengonsumsi ramuan daun bunga turi bisa bermanfaat bagi semua pasien diabetes untuk memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak dan mengendalikan lonjakan gula darah. 

Daun bunga turi juga ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat. Studi juga menunjukkan bahwa penambahan daun bunga turi atau ekstrak daunnya dapat menstabilkan tingkat HbA1C atau tes gula darah. 

Baca Juga: Efektif Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini Manfaat Bunga Turi

5. Manfaat bunga turi untuk mencegah kanker

Selanjutnya, manfaat bunga turi juga bisa membantu mencegah kanker. Daun bunga turi memiliki sifat antioksidan yang kuat menghambat pertumbuhan sel tumor.

Bunga turi terkenal memiliki efek apoptosis atau membuat kematian sel terhadap sel kanker paru-paru dan juga mencegah dan mengobati kanker usus besar.

Baca Juga: 6 Jenis Edible Flowers, Tanaman Bunga Hias yang Bisa Dijadikan Santapan

6. Manfaat bunga turi untuk memperkuat tulang

Manfaat bunga turi juga bisa memperkuat tulang. Sebab, bunga turi mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin dalam jumlah besar. 

Hal ini bermanfaat dalam memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis serta radang sendi pada orang lanjut usia atau lansia. 

Baca Juga: Cukup dikompres, ini bahan alami yang bisa meredakan nyeri akibat asam urat tinggi

Konsumsi rutin bunga turi juga dapat mencegah tulang rapuh, meningkatkan kepadatan mineral tulang, dan mendukung kesehatan tulang. 9o,rg

Meski ada sejumlah manfaat bunga turi untuk kesehatan namun perlu diketahui bahwa bunga turi memiliki rasa yang pahit. 

Saat memasaknya, maka harus membuang kelopak dan benang sarinya yang bisa membuat rasanya semakin pahit. Namun, kelebihan asupan bunga turi dapat menyebabkan sakit perut. 

Baca Juga: Air rendaman biji ketumbar bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi

Cara terbaik adalah menambahkan bawang putih untuk menangkal efek ini. Selain itu, menambahkan kelapa parut ke olahan bunga turi juga membantu mengimbangi rasa pahit. 

Demikian sejumlah manfaat bunga turi untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru