6 Manfaat Nonton Film untuk Kesehatan Mental yang Wajib Anda Tahu

Sabtu, 13 Januari 2024 | 11:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Manfaat Nonton Film untuk Kesehatan Mental yang Wajib Anda Tahu

ILUSTRASI. Beberapa manfaat nonton Film untuk Kesehatan Mental yang Wajib Anda Tahu. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.


KESEHATAN MENTAL - JAKARTA. Ketahui manfaat nonton film untuk kesehatan mental. Setiap orang tentu menginginkan untuk mendapatkan relaksasi visual salah satunya dengan menonton film.

Kegiatan menonton film menjadi salah satu aktivitas untuk melihat pemutaran visual dan audio dari karya sinematik dengan tujuan hiburan atau pembelajaran. Ini dapat mencakup penggunaan berbagai jenis media, seperti televisi, layar proyektor, atau perangkat genggam, untuk menyaksikan film.

Menonton film sering kali dilakukan di rumah, bioskop, atau melalui platform streaming online.

Sehingga, nonton film bisa menjadi aktivitas bersantai untuk menghibur diri sendiri, menikmati cerita yang disampaikan oleh film, atau bahkan sebagai bentuk terapi sinematik dalam konteks konseling atau pemahaman diri.

Baca Juga: Daftar Film Baru dan Film Lama yang Tayang di Bioskop Akhir Pekan Ini

Selain itu, menonton film juga bisa menjadi kegiatan sosial ketika dilakukan bersama teman, keluarga, atau pasangan, menciptakan momen berbagi pengalaman dan pembicaraan terkait dengan isi film tersebut.

Bahkan, beberapa ahli psikolog merekomendasikan adanya terapi sinema yang bermanfaat untuk kesehatan mental.

Apa itu terapi sinema?

Suasana bioskop yang baru dibuka

Selain menyediakan hiburan dan pengalihan dari hari yang penuh tekanan, menonton film juga dapat menjadi teknik terapi.

Terapi sinema dan video kadang-kadang digunakan sebagai bagian dari psikoterapi. Terapis mungkin menggunakan jenis terapi ini untuk memperkenalkan Anda pada karakter yang mungkin sedang mengalami pengalaman emosional yang serupa, menurut sebuah studi pada tahun 2021.

Ini juga bisa mendorong Anda untuk melihat situasi Anda dari sudut pandang yang berbeda, memberikan cara baru untuk mengatasi masalah.

Seorang terapis mungkin memilih film komersial atau video (dokumenter) yang terkait dengan tantangan Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam hubungan romantis, Anda mungkin diinstruksikan untuk menonton film dengan tema yang sama.

Anda mungkin juga diberikan latihan terapeutik untuk dilakukan sebelum, selama, atau setelah menonton.

Baca Juga: Nonton Film Porno Berlebihan Bikin Kehidupan Seks Amburadul?

Manfaat menonton film

Kegiatan menonton film dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan mental dirangkum dari laman Psych Central.

1. Perbaikan Mood

Jika Anda mengalami gangguan kecemasan atau depresi, atau hanya merasa cemas dan stres karena pekerjaan dan tanggung jawab keluarga, menyempatkan waktu untuk menonton film dapat membantu meningkatkan mood Anda.

Sebuah tinjauan pada tahun 2016 menemukan bahwa menikmati kegiatan santai seperti menonton film dapat meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi.

2. Relaksasi

Nonton Film dapat menjadi hiburan yang menyenangkan dapat memberikan istirahat, relaksasi, dan kualitas penyegaran, menurut sebuah studi pada tahun 2017.

Efek relaksasi dari menonton film mungkin lebih mudah dari yang terdengar. Jika Anda kesulitan untuk melepaskan diri dari pekerjaan atau stres harian lainnya, pertimbangkan untuk meninggalkan HP dan perangkat lain di ruangan lain atau dalam mode "do not disturb" agar Anda hanya terganggu untuk hal-hal yang mendesak.

Anda mungkin menemukan bahwa diri Anda dapat mengikuti alur cerita tanpa gangguan, yang bisa membuat pengalaman menjadi lebih menenangkan.

Sebuah film musikal atau komedi romantis menjadi distraksi yang Anda butuhkan untuk bersantai setelah seharian yang panjang.

3. Menambah Motivasi

Aktivitas menonton film dapat menjadi sumber motivasi. Waktu mengistirahatkan pikiran dari pekerjaan untuk sesuatu yang menyenangkan dapat memotivasi Anda untuk menjadi lebih produktif ketika Anda kembali ke sana dan untuk menghindari perasaan kelelahan.

Saat menonton film menyoroti seseorang yang berhasil mengejar ambisinya, itu bisa memotivasi Anda untuk melakukan hal yang sama. Ini juga bisa menginspirasi Anda untuk mengembangkan hobi baru atau mengejar tujuan baru, menurut sebuah studi pada tahun 2020.

4. Memperbaiki Hubungan

Jika Anda merasa ada tingkat ketidaksesuaian antara Anda dan seseorang yang dekat dengan Anda, menonton film bersama bisa menjadi cara untuk membangkitkan kembali hubungan Anda.

Hal ini bisa sangat membantu jika Anda memiliki selera film yang sama dan memilih sesuatu yang baru yang kalian berdua antusias untuk ditonton.

Tidak hanya Anda akan bersatu dalam momen menonton film, tetapi Anda mungkin merasa kembali terhubung saat membahas apa yang telah Anda tonton setelahnya.

5. Mengurangi Stres

Sebuah film komedi yang bagus dapat membantu menurunkan tingkat stres Anda. Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa tawa dapat mengurangi tingkat hormon stres dalam tubuh, seperti kortisol dan epinefrin.

Jika Anda tidak dalam mood untuk tertawa, pertimbangkan untuk menonton drama atau film yang menguras air mata. Menangis juga dapat menurunkan kadar kortisol dalam darah, menurut sebuah studi pada tahun 2020.

6. Inspirasi Refleksi Sosial dan Budaya

Dengan menonton film yang mengangkat topik-topik sulit dapat menjadi pengalaman yang memancing pikiran.

Baik Anda ingin lebih memahami masalah sosial saat ini atau memicu percakapan tentang pandangan yang berlawanan, menonton film dapat membantu memberikan pendidikan dan pencerahan.

Demikian penjelasan terkait manfaat nonton film untuk kesehatan mental yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru