6 Penyebab Perut Buncit, mulai Stres hingga Genetik

Rabu, 03 Agustus 2022 | 15:06 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Penyebab Perut Buncit, mulai Stres hingga Genetik

ILUSTRASI. Penyebab perut buncit.


KONTAN.CO.ID - Perut buncit kerap mengganggu penampilan dan kurang baik untuk kesehatan. Ada beberapa penyebab perut buncit yang perlu Anda ketahui. 

Umumnya, perut buncit berasal dari penumpukan lemak di area perut dalam kurun waktu tertentu sampai semakin membuncit. Penumpukan lemak tersebut yang menjadi penyebab perut buncit.

Penumpukan lemak pada perut itu juga terjadi karena beberapa faktor, seperti jarang olahraga ataupun asupakan makan yang kurang sehat.

Perut buncit kebanyakan dialami oleh pria dewasa. Selain bisa berdampak buruk pada kesehatan, perut buncit juga mengganggu penampilan dan membuat kurang percaya diri. 

Baca Juga: 5 Manfaat Retinol Untuk Kulit yang Perlu Anda Ketahui, Simak!

Merangkum dari Healthline, terdapat beberapa faktor penyebab perut buncit yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

Jarang olahraga 

Jarang olahraga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Pasalnya, menjadi faktor terjadinya penumpukan lemak pada perut.

Untuk menghilangkan lemak yang sudah membuat perut buncit, Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga, seperti lari, workout, dan olahraga kardio lainnya. 

Stres

Tahukah Anda bahwa stres bisa menjadi penyebab perut buncit? Sebab, saat Anda stres keinginan untuk makan menjadi lebih meningkat.

Oleh karena itu, Anda akan cenderung kesulitan menjaga pola makan sehat. 

Baca Juga: Gampang! Begini Cara Download dan Simpan Reels Instagram Lewat SnapInsta

Kurang tidur

Setelah stres, kurang tidur juga merupakan salah satu penyebab perut buncit. Soalnya, kurang tidur sangat berpengaruh terhadap jumlah lemak di area perut. 

Terdapat penelitian bahwa kurang tidur dari lima jam perhari dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

Bertambahnya usia 

Tidak bisa dipungkiri, bertambahnya usia biasanya seseorang cenderung mengurangi berbagai aktivitas. Hal itu bisa menjadi penyebab perut buncit juga loh. 

Namun, hal tersebut bisa dihindari jika menerapkan pola hidup sehat hingga usia lanjut. 

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: PSM Makassar vs Persija Jakarta di Pekan 3

Makanan berlemak

Penyebab perut buncit juga karena terlalu banyaknya asupan makanan berlemak jahat. Hal tersebut sangat berisiko terjadinya penumpukan lemak. 

Apalagi, jika Anda makan untuk berolahraga. Untuk menghilangkan perut buncit, hindari makanan berlemak jahat dan perbanyak makanan berserat seperti buah-buahan atau sayuran. 

Genetik 

Genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab perut buncit akibat lemak yang menumpuk. Namun, tidak usah khawatir, hal tersebut bisa diatasi dengan berbagai usaha. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru