6 Tips Mudik Agar Aman Selama Perjalanan, Catat!

Kamis, 21 April 2022 | 04:58 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Tips Mudik Agar Aman Selama Perjalanan, Catat!

ILUSTRASI. Ilustrasi mudik lebaran.


MUDIK LEBARAN - Mudik lebaran hanya tinggal beberapa hari lagi. Sebelum itu, siapkan keperluan mudik agar tidak ada yang ketinggalan dan simak beberapa tips agar perjalanan aman tak terkendala.

Pemerintah tahun ini juga mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran 2022. Setelah sebelumnya selama 2 tahun mudik tidak diperbolehkan karena pandemi Covid-19.

Beragam transportasi hampir akan ramai digunakan untuk mudik lebaran mulai dari bus, kereta, pesawat, kapal hingga kendaraan pribadi.

Baca Juga: Cocok Untuk Dicoba Saat Puasa, Ketahui 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut

Untuk menjaga keselamatan selama perjalanan mudik, simak tips mudik yang dilansir dari Travelers berikut ini:

1. Membawa Kartu Indentitas

Salah satu hal yang penting dibawa saat mudik adalah kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan lain-lain.

Lebih bagusnya lagi Anda membawa salinan atau fotocopy kartu identitas tersebut. Takutnya akan dibutuhkan selama perjalanan mudik. 

2. Merampingkan Dompet

Merampingkan dompet sebelum mudik juga penting untuk dilakukan. Masukan barang-barang yang penting saja di dompet dan buat seramping mungkin untuk menghindari pencurian. Pasalnya, dompet sangat rawan terhadap pencurian saat mudik.

3. Periksa Kendaraan Umum yang Akan Digunakan

Sebelum Anda melakukan perjalanan mudik, periksa kembali ulasan-ulasan terkait kendaraan yang akan Anda pilih untuk mudik. Hal tersebut supaya Anda bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus membuat mudik menjadi lebih aman.

Baca Juga: Cari Obat Kolesterol? Kenali 6 Jenis Makanan Sehat Ini

4. Jangan Terlalu Mencolok

Saat mudik usahakan untuk tidak terlalu mencolok baik dalam berpakaian, berbicara atau berprilaku. Pasalnya, hal tersebut akan memperlancarkan perjalanan mudik Anda jika bisa beradaptasi dengan baik selama perjalanan.

5. Periksa Cuaca

Memeriksa cuaca adalah salah satu tips yang sangat penting untuk dilakukan sebelum mudik. Apalagi jika Anda mudik dengan menggunakan motor, usahakan menghindari cuaca hujan karena bisa menghambat perjalanan.

6. Hindari Posting

Saat mudik apalagi menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya Anda menghindari memposting ketidakhadiran Anda di rumah. Pasalnya, hal tersebut berisiko untuk keamanan rumah dan Anda selama perjalanan mudik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru