7 Bahan alami ini bisa Anda gunakan sebagai masker komedo

Senin, 06 September 2021 | 18:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
7 Bahan alami ini bisa Anda gunakan sebagai masker komedo


KECANTIKAN - Berbagai macam masalah kulit bisa Anda alami, salah satunya adalah komedo. Untuk mengatasinya, ada banyak bahan alami yang bisa Anda olah menjadi masker komedo. Dengan pemakaian rutin, masalah kulit itu dapat teratasi dengan baik.

Komedo terbentuk karena sebum dan jenis kotoran lain yang terperangkan dalam pori-pori kulit. Jika terus dibiarkan dan teroksidasi dengan oksigen, komedo putih akhirnya berubah menjadi komedo hitam. Tentu saja, kondisi itu bisa mengganggu penampilan.

Mengutip dari NDTV Food, efek samping obat dan perubahan hormon adalah beberapa contoh faktor yang bisa memicu kemunculan komedo. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kebersihan kulit supaya kemunculannya tak semakin parah.

Beberapa bahan alami di bawah ini berguna sebagai eksfoliator yang efektif membersihkan pori-pori kulit. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk rutin melakukannya. Jika dalam jangka waktu tertentu komedo tak berkurang, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Cara mudah menghilangkan komedo hitam di hidung, penasaran?

Putih telur dan lemon

Cara menghilangkan komedo secara alami bisa Anda lakukan dengan mengombinasikan putih telur dan lemon. Selain itu, rutin memakai bahan alami itu juga mampu mengencangkan kulit. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan tidak sulit.

Pertama, kocok satu putih telur lalu tambahkan 2 sdt air lemon. Aplikasikan masker itu pada area komedo lalu tunggu hingga kering. Setelah itu, tambahkan lapisan masker kedua lalu diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hingga bersih.

Gula dan minyak jojoba

NDTV Food merekomendasikan gula dan minyak jojoba untuk menghilangkan komedo. Gabungan bahan tersebut efektif membersihkan sel kulit mati sehingga kemunculan komedo dapat Anda hindari.

Caranya, campur 3 sdm minyak jojoba dengan satu gelas gula. Aduk rata lalu gosokkan campuran itu pada area komedo secara perlahan kemudian bilas dengan air. Lakukan cara menghilangkan komedo itu dua kali dalam seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: Agar hidung bersih, ini cara menghilangkan komedo secara alami dan dengan obat

Madu dan lemon

Selain dicampur dengan putih telur, lemon juga bisa Anda kombinasikan dengan madu untuk membuat masker komedo. Tak hanya membersihkan pori-pori kulit secara menyeluruh, bahan-bahan tersebut juga mengandung antibakteri yang baik untuk kesehatan kulit.

Anda perlu mencampur 1 sdt air perasan lemon dan ½ sdt madu terlebih dahulu. Aduk sampai rata kemudian aplikasikan pada area kulit yang berkomedo selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Oatmeal, yogurt, dan lemon

Masker komedo bisa Anda buat dari kombinasi oatmeal, yogurt, dan lemon.

Masker komedo juga dapat Anda buat dari oatmeal, lo. Selain membersihkan sel kulit mati penyebab komedo, masker penghilang komedo tersebut juga efektif mencerahkan warna kulit Anda.

Cara menghilangkan komedo di hidung sangat mudah. Campur 2 sdm oatmeal dengan 3 sdm yogurt dan air perasan setengah lemon. Setelah teraduk rata, oleskan pada kulit berkomedo. Diamkan dulu selama minimal 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: Mencari pemutih untuk badan? Coba 7 bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru