7 Barang Ini Penting Dimiliki Maba saat Kuliah, Anda Sudah Punya?

Rabu, 09 Agustus 2023 | 14:49 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Barang Ini Penting Dimiliki Maba saat Kuliah, Anda Sudah Punya?

ILUSTRASI. 7 Barang Ini Penting Dimiliki Maba saat Kuliah, Anda Sudah Punya?. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/nz


Mahasiswa Baru -  Masa Perkenalan Mahasiswa Baru atau PMB akan segera dimulai. Mahasiswa baru pastinya sudah menanti kegiatan ini. 

Setelah mengikuti PMB, Anda bisa mulai mengikuti kegiatan perkuliahan sesuai dengan jurusan yang diambil. 

Agar perkuliahan lancar, ada beberapa barang penting yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa. 

Barang-barang tersebut bisa membantu menunjang kegiatan Anda selama menempuh bangku perkuliahan. 

Berikut ini rangkuman dari situs Universitas Multimedia Nusantara (UMN) tentang barang yang penting dimiliki oleh maba.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru KAI Properti 2023, Bisa Didaftar Fresh Graduate

Laptop

Gawai atau gadget ini penting dimiliki oleh mahasiswa baru. Mengingat akan banyak tugas kuliah yang diberikan oleh dosen, keberadaan laptop memudahkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas tersebut. 

Selain mengerjakan tugas, laptop juga bisa digunakan untuk mencatat atau mencari materi kuliah melalui internet. 

Meskipun laptop dapat juga digantikan oleh smartphone, tetapi ada beberapa beban kuliah yang membutuhkan kekuatan dari perangkat laptop atau Personal Computer (PC). 
Misalnya saja jika Anda adalah mahasiswa Film. Jurusan ini akan sering melakukan edit dan render video yang membutuhkan kekuatan dan kecepatan pemrosesan data yang cukup besar. Pemilihan jurusan kuliah akan menentukan pula spesifikasi laptop minimal yang harus Anda miliki.

Jadi, sebelum membeli laptop, ada baiknya Anda mencari tahu lebih dulu kebutuhan saat kuliah nanti. Dengan begitu, nantinya proses perkuliahan bisa berjalan dengan lebih mulus dan lancar. 

Flash disk atau hard disk eksternal

Salah satu cara menyimpan data perkuliahan dan tugas adalah melalui layanan berbasis cloud seperti Google Drive ataupun Dropbox. 

Cara ini bisa memudahkan Anda untuk mengakses data di mana saja dan kapan saja. Namun, tidak ada salahnya juga jika ingin menyimpan data di perangkat portable lainnya. 

Dari segi harga dan bentuk, flash disk lebih murah dan hemat tempat, sehingga lebih mudah untuk dibawa-bawa. Namun, hard disk eksternal memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar. 

Dengan hardisk Anda bisa menyimpan data-data tugas seperti video yang lebih banyak. 

Baca Juga: Masih Buka, Ini Syarat Daftar Sekolah Kedinasan Kemenhub Poltekpel Surabaya 2023

Handphone

Handphone atau smartphone (ponsel pintar) menjadi salah satu barang penting untuk mahasiswa selanjutnya. Melalui ponsel pintar, Anda bisa mengerjakan tugas, berdiskusi dengan teman dan dosen. 

Bahkan ketika Anda mengambil kuliah pembelajaran jarak jauh, Anda bisa menggunakan smartphone untuk mengikuti perkuliahan. Dengan mengunduh aplikasi video conference, seperti Zoom atau Google Classroom, Anda bisa mengikuti perkuliahan secara jarak jauh.

Selain itu, Anda juga bisa mencatat bahan kuliah ataupun memasukkan agenda di smartphone. Namun, sebelum melakukan hal ini pastikan bahwa di kelas perkuliahan memperbolehkan penggunaan ponsel dalam kegiatan belajar-mengajar.

Jika tidak, maka notebook atau binder merupakan pilihan yang lebih bijak saat mencatat di kelas.

Notebook atau binder

Salah satu perlengkapan yang bisa Anda gunakan untuk mencatat di kelas adalah notebook dan binder. Anda bisa memilih notebook dan binder yang lucu dan sesuai dengan kebutuhan perkuliahan. 

Selain itu, mahasiswa juga bisa membuat catatan yang menarik di sini sehingga memudahkan proses belajar di rumah nantinya.

Baca Juga: Beasiswa Unggulan Tahun 2023 Dibuka, Ini Kategori dan Persyaratannya

Alat tulis

Alat tulis yang lengkap juga penting dimiliki oleh mahasiswa baru. Anda bisa membeli pulpen, pensil, stabilo berbagai warna untuk membuat highlight di buku referensi atau buku catatan, dan juga penghapus atau correction tape. 

Selain itu, mahasiswa juga bisa membeli sticky note untuk ditempelkan di buku referensi mata kuliah agar bisa menambahkan catatan-catatan penting di sana.

Buku referensi mata kuliah

Selain penjelasan dari dosen, mahasiswa juga membutuhkan beberapa buku sebagai referensi yang harus dibaca untuk mendukung proses belajar di bangku kuliah. 

Melalui buku-buku referensi ini, Anda bisa mendalami berbagai mata kuliah yang diambil saat itu. Dengan demikian, ilmu yang didapatkan akan semakin dalam dan menyeluruh. 

Tas

Untuk membawa semua perlengkapan kuliah dan perlengkapan lain, tentu Anda membutuhkan tas kuliah. Jika tidak ada tas, tentunya Anda bisa kesulitan untuk membawa semua kebutuhan kuliah.

Tidak perlu menggunakan backpack atau tas punggung seperti layaknya di sekolah dulu. Anda juga bisa menggunakan tote bag atau tas lain yang sesuai dengan kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru