​7 Cara membedakan madu asli dan palsu, bisa gunakan tisu dan ibu jari

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:18 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​7 Cara membedakan madu asli dan palsu, bisa gunakan tisu dan ibu jari

ILUSTRASI. Ilustrasi madu.


MAKANAN & MINUMAN - Cara membedakan madu asli dan palsu perlu diketahui oleh masyarakat. Sebab, saat ini di era pandemi madu menjadi salah satu jenis makanan yang diburu oleh banyak orang untuk meningkatkan imun tubuh. 

Produk madu pun banyak dijual di e-commerce dengan harga yang beragam. Ada yang murah dan ada yang mahal. 

Untuk itu, perlu bagi masyarakat mengetahui cara membedakan madu asli dan palsu agar tidak tertipu. Jika salah membeli madu palsu, maka bukannya tidak mungkin justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Lantas, bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu? 

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bruntusan dengan Minyak Zaitun, Sudah Tahu?

7 Cara membedakan madu asli dan palsu

Dirangkum dari laman NDTV Food dan Wiki How, berikut 7 cara membedakan madu asli dan palsu: 

1. Cara mengetahui madu asli dengan tisu

Pertama, cara mengetahui madu asli dengan tisu yakni dengan meletakkan madu di atas tisu. Jika madu dicampur dengan air maka madu akan terserap oleh tisu dan membuat tisu menjadi basah. 

Namun, jika madu asli tanpa campuran maka tidak akan terserap oleh tisu dan tidak membuatnya basah. Sama halnya jika membedakan madu palsu dengan madu asli menggunakan kain putih, maka jika madu asli tidak akan terserap atau meninggalkan noda. 

2. Tes jempol 

Cara membedakan madu asli dan palsu bisa dengan tes jempol. Tes ini dilakukan dengan meletakkan sedikit madu di ibu jari lalu lihat apakah madu menetes atau menyebar. Jika iya, maka itu madu palsu. 

Sementara, madu asli atau madu murni akan menempel di permukaan yang dioleskan dan tidak menetes. Selain itu, rasa madu yang tidak murni dapat bertahan lama karena adanya tambahan gula.

Baca Juga: 4 Makanan terlarang saat asam urat kumat, apa saja?

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru