7 Tips memilih jurusan kuliah buat pelajar yang masih bingung menentukan pilihan

Rabu, 24 November 2021 | 11:52 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Tips memilih jurusan kuliah buat pelajar yang masih bingung menentukan pilihan

ILUSTRASI. 7 Tips memilih jurusan kuliah buat pelajar yang masih bingung menentukan pilihan.

KONTAN.CO.ID -  Masih bingung memilih jurusan apa yang akan ditempuh saat kuliah nanti? Ada beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda gunakan untuk memilih jurusan kuliah. 

Banyak siswa yang merasa kebingungan saat akan memilih jurusan kuliah setelah lulus dari SMA. Tidak sedikit pelajar yang kemudian asal memilih seperti ikut-ikutan teman, asal bisa diterima di universitas, atau pilihan orangtua. 

Karena tidak memilih berdasarkan kemauan dan kemampuan diri, banyak mahasiswa yang merasa salah pilih jurusan dan putus di tengah jalan. 

Agar tidak salah pilih dan sesuai dengan potensi, ada beberapa cara untuk mengetahui jurusan mana yang pas dengan Anda. 

Baca Juga: Minimal lulusan SMA bisa daftar, lowongan kerja HPM terbaru di berbagai posisi

Salah satunya adalah dengan mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan pelajar. Selain tes psikologi, berikut ini beberapa tips untuk memilih jurusan kuliah yang dirangkum dari situs BPK Penabur, bpkpenabur.or.id.

  • Kenali kegemaran Anda

Saat memilih jurusan kuliah perhatikan passion atau kegemaran Anda. Dengan mengetahui apa yang disukai, Anda bisa lebih mudah memilih jurusan apa yang akan diambil saat akan melanjutkan kuliah. 

Jika Anda senang dengan hal-hal yang berhubungan dengan ilmu alam atau hitungan, jurusan Kedokteran, Teknik, hingga Biologi dan Pertanian bisa menjadi pilihan. 

Sebaliknya, jika passion Anda condong ke bidang yang berhubungan dengan sosial dan hafalan, jurusan sosial seperti Hukum, Komunikasi, hingga Sastra bisa Anda pilih. 

  • Motivasi diri

Selain passion, cobalah renungkan apa yang Anda cita-citakan dan harapkan di masa depan saat akan memilih jurusan. 

Motivasi ini bisa mendorong Anda untuk terus bersemangat dan tidak mudah menyerah saat menjalani perkuliahan.

  • Potensi diri

Masing-masing orang pasti memiliki potensinya sendiri. Potensi ini bisa menjadi salah satu pertimbangan saat memilih jurusan kuliah.

Penting bagi pelajar untuk menggali potensi diri agar tahu keunggulan yang mereka miliki. Cara untuk tahu potensi diri sendiri cukup beragam, misalnya dengan bertanya dengan orang terdekat hingga menekuni hobi. 

Baca Juga: Tanpa waterwark dan aplikasi, ini cara-cara download video TikTok

  • Kepribadian

Anda mungkin tidak pernah menyangka jika kepribadian bisa menjadi salah satu poin pertimbangan memilih jurusan. Dengan mengetahui kepribadian Anda, memilih jurusan menjadi lebih mudah karena pas dengan diri Anda. 

Menurut John Holland, terdapat 6 kelompok kepribadian yaitu: Realistic (realistis), thinkers (pemikir), creators (berjiwa seni), helps (penolong), persuaders (menguasai orang lain), dan organizers (terorganisir). 

Keenam kepribadian tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memilih jurusan yang dipilih, apakah sesuai atau tidak. 

  • Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman

Banyak siswa yang bingung memilih jurusan kuliah karena tidak memiliki bayangan seperti apa perkuliahan tersebut. 

Ingat salah satu pepatah "malu bertanya sesat di jalan". Artinya, jangan malu untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman seperti orangtua, guru, hingga kakak kelas yang sudah menempuh pendidikan tinggi. 

Anda bisa bertanya tentang pengalaman mereka memilih jurusan, gambaran perkuliahan jurusan yang dipilih, hingga prospek kerja setelah lulus perkuliahan. 

Baca Juga: Lowongan kerja di Telkom Indonesia masih dibuka, ini daftar posisi yang ditawarkan

  • Peluang kerja

Selain passion dan potensi diri, Anda juga perlu memperhatikan peluang kerja suatu jurusan saat memilihnya. Setiap jurusan memiliki keunggulannya masing-masing dan tidak ada jurusan yang lebih kurang atau lebih unggul. 

Namun Anda tetap harus melihat perkembangan dunia sehingga tahu jurusan mana yang memiliki banyak peluang kerja.

Jangan asal memilih karena jurusan kuliah tersebut dianggap paling mudah namun ternyata peluang untuk diserap di dunia kerja rendah.

Contohnya seperti saat ini, dimana teknologi berkembang pesat di berbagai aspek kehidupan. Dengan melihat fenomena perkembangan teknologi, jurusan yang berkaitan dengan IT akan sangat dibutuhkan di dunia kerja. 

  • Biaya

Yang tidak kalah pentingnya saat memilih jurusan kuliah adalah biaya. Anda perlu mempertimbangkan kemampuan finansial orangtua apakah sebanding dengan jurusan yang akan dipilih. 

Meskipun tersedia banyak beasiswa, namun tidak semua mahasiswa bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan tersebut. Diskusikan dengan orangtua mengenai jurusan yang Anda pilih agar orangtua bisa menyesuaikan dan mengarahkan.  

Baca Juga: 11 Jamu ini berkhasiat atasi berbagai penyakit dari darah tinggi hingga wasir

Selanjutnya: Harga mobil bekas Honda City sedan varian awal cuma Rp 50 juta per November 2021

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru