Ada biji bunga matahari, ini 7 makanan penguat sistem imunitas yang kuat

Selasa, 13 Juli 2021 | 12:54 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Ada biji bunga matahari, ini 7 makanan penguat sistem imunitas yang kuat

ILUSTRASI. Ada biji bunga matahari, ini 7 makanan penguat sistem imunitas yang kuat. REUTERS/Daniel Becerril.

KONTAN.CO.ID - Memberi asupan tubuh Anda dengan makanan tertentu bisa membantu menjaga sistem imunitas Anda tetap kuat di tengah pandemi Covid-19, terutama saat lonjakan kasus seperti saat ini.

Jika Anda mencari cara untuk mencegah pilek, flu, dan infeksi virus lainnya, termasuk virus corona baru, langkah pertama Anda adalah mengunjungi toko ritel modern, toko buah, dan tukang sayur. 

Masukan tujuh makanan penguat sistem imunitas yang kuat berikut dalam daftar belanja Anda, seperti dikutip dari Healtline:

1. Jeruk

Kebanyakan orang langsung beralih ke vitamin C setelah mereka masuk angin. Sebab, itu membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda.

Vitamin C bisa meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan variasi yang bisa Anda pilih, mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke makanan apa pun.

Karena tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpannya, Anda membutuhkan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan. Jumlah harian yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa adalah:

  • 75 miligram (mg) untuk wanita
  • 90 mg untuk pria

Jika Anda memilih suplemen, hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 mg sehari.

Juga perlu Anda ingat, meskipun vitamin C bisa membantu Anda pulih dari flu lebih cepat, belum ada bukti efektif melawan virus corona baru.

Baca Juga: 3 Makanan sehat yang tinggi vitamin D untuk dongkrak imunitas tubuh

2. Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang sarat dengan vitamin C. Anda bisa menemukan dua kali lipat jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dalam satu buah pepaya berukuran sedang. 

Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

Pepaya memiliki jumlah potasium, magnesium, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Kiwi

Seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C.

Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga seluruh tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 3 buah ini bisa menjaga sistem imunitas tetap kuat

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru