Ada Jahe dan Akar Manis, Ini Macam-Macam Obat Herbal untuk Obati Kolesterol Tinggi

Kamis, 01 Desember 2022 | 11:45 WIB   Reporter: kompas.com
Ada Jahe dan Akar Manis, Ini Macam-Macam Obat Herbal untuk Obati Kolesterol Tinggi

ILUSTRASI. Berikut obat herbal yang bisa menurunkan tingkat kolesterol seseorang. Salah satunya akar manis.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Zaman boleh modern, namun sebagian orang tetap memilih bahan herbal untuk mengobati penyakit kolesterol. Berikut delapan obat herbal yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol. 

Beberapa tanaman dinilai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ada yang sudah diteliti, tapi ada juga yang masih dalam tahap untuk memastikan khasiatnya.

Apa saja obat herbal kolesterol yang dinilai manjur? Agar tidak semakin penasaran, simak informasi mengenai beberapa tanaman ini, yang dianggap dapat digunakan sebagai obat herbal kolesterol. 

1. Jahe 

Rempah, seperti jahe juga sering disinggung sebagai salah satu obat herbal kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan, rempah ini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Untuk menikmati manfaat jahe yang satu ini, kita cukup mencampurkan potongan jahe ke dalam segelas air hangat atau air panas. Tunggu hingga jahe tersebut bercampur dan minumlah sebagai wedang. 

Untuk rasa yang lebih keras, Anda bisa membakar dan sedikit menghancurkan jahenya terlebih dahulu, setelah dipotong. 

Baca Juga: Nilai Asam Urat Normal Pria & Lauk Pauk Penderita Asam Urat

2. Angkak 

Angkak mengandung suatu zat yang bernama monacolin K. Susunan kimia yang dimiliki zat ini, dinilai mirip dengan yang dipunyai oleh obat penurun kolesterol, yaitu lovastatin. 

Sehingga tanaman ini dinilai dapat dipertimbangkan untuk digunakan sebagai obat herbal kolesterol. Hanya saja, tidak semua sajian angkak mengandung cukup monacolin K, sehingga efek penurun kolesterol bisa saja tidak terjadi. 

Angkak juga dapat mengandung suatu kontaminan atau zat berbahaya bagi tubuh, yang bernama citrinin. Komponen ini, disebut bisa memicu gagal ginjal. 
Sehingga, Anda perlu sangat berhati-hati saat menggunakan angkak untuk menurunkan kolesterol. 

3. Daun artichoke 

Ekstrak daun artichoke, juga dianggap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Sebab, ekstrak ini akan menghambat sintesis kolesterol di tubuh. Artichoke juga mengandung komponen yang disebut sebagai cynarine. 

Komponen ini akan memicu suatu proses yang menghasilkan ekskresi atau pengeluaran kolesterol dari aliran darah. 

4. Bawang putih 

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sangatlah beragam. Selain dapat membantu meredakan gejala berbagai penyakit, seperti pilek, tanaman yang satu ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Tentu, mengonsumsi masakan yang mengandung bawang putih tidak serta-merta akan menurunkan kadar kolesterol kita. Saat ini, masih terdapat perdebatan di antara para peneliti mengenai peran bawang putih sebagai obat herbal kolesterol. 

Sehingga, apabila ingin menggunakannya sebagai obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru