Anak sering lupa? Moms, pakai tips meningkatkan daya ingat si kecil ini

Jumat, 27 Agustus 2021 | 14:21 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Anak sering lupa? Moms, pakai tips meningkatkan daya ingat si kecil ini

ILUSTRASI. Anak sering lupa? Pakai tips meningkatkan daya ingat si kecil ini. KONTAN/BAihaki.


TIPS & TRIK - Sebagai orangtua, Anda mungkin cemas jika buah hati sering lupa terutama tentang pelajaran. Ada tips mudah yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan daya ingat buah hati.  

Tidak sedikit yang beranggapan membaca terus menerus bisa meningkatkan kapasitas daya ingat anak. Namun, ada cara yang lebih sederhana dan mudah untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

Salah satunya adalah dengan mencukupi nutrisi yang penting untuk kesehatan otak anak. Konsumsi makanan yang bernutrisi bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Omega 3 adalah salah satu nutrisi yang baik untuk otak. Selain makanan, lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan untuk mendukung perkembangan pola pikir buah hati.

Beberapa cara di bawah ini bisa membantu meningkatkan daya ingat anak dirangkum dari Incdan Psychology Today:

  • Jangan menekan anak hingga dia stres

Menurut Judy Willis, guru dan neurologist, melalui Psychology Today, stres menyebabkan informasi yang didapat tidak tersimpan di korteks prefrontal.

Bagian ini merupakan tempat dimana memori jangka panjang terbentuk. Agar daya ingat anak berkembang baik, hindari stres yang berlebihan. 

Menggunakan cara belajar yang penuh tekanan justru mencederai daya ingat anak. Anda bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. 

Baca Juga: Ini daftar situs dan aplikasi yang tak bisa pakai kuota internet Kemendikbud Ristek

  • Membaca buku dan berdiskusi

Membaca bisa merangsang otak untuk menyerap berbagai pengetahuan. Berikan buku-buku yang anak sukai agar mereka lebih senang membaca. 

Setelah membaca, ajaklah buah hati untuk berdiskusi. Materi diskusi diambil dari bacaan yang sudah mereka baca. 

Kegiatan ini akan melatih otak anak untuk mengingat kembali informasi yang didapat. Berikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan buku yang telah dibaca anak.

  • Bercerita tentang pengalaman

Manfaatkan pengalaman untuk melatih daya ingat buah hati. Mintalah anak untuk menceritakan atau menuliskan pengalaman yang ia sukai. 

Saat bercerita, dorong anak untuk memvisualisasikan pengalamannya. Mintalah buah hati untuk membayangkan benda-benda yang dia temui sebelumnya.

Sediakan kertas kosong dan pensil warna agar mereka mudah menggambarkan pengalamannya. Dengan cara ini, daya ingat anak bisa terlatih dengan baik.  

Baca Juga: Inilah ciri-ciri dari makhluk hidup, simak daftarnya

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru