Anda bisa coba, ini 4 rekomendasi obat herbal asam urat

Senin, 02 Agustus 2021 | 18:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda bisa coba, ini 4 rekomendasi obat herbal asam urat

KONTAN.CO.ID - Salah satu penyebab asam urat dalam tubuh bertambah adalah konsumsi makanan yang mengandung banyak purin. Selain membatasi konsumsi jenis makanan itu, mengonsumsi obat herbal asam urat juga bisa Anda jadikan pilihan.

Tentu saja masih banyak cara lainnya dapat Anda praktikkan. Misalnya, membatasi konsumsi alkohol, menurunkan berat badan, minum air putih. Dengan begitu, jumlah asam urat lebih terkontrol.

Mengonsumsi beberapa jenis makanan ini cukup efektif mengurangi inflamasi akibat penumpukan asam urat.

Namun, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Dengan begitu, dokter bisa memantau kondisi Anda sehingga perawatan yang tepat pun bisa Anda dapat.

Apel

Melansir Organic Facts, mengonsumsi apel bisa jadi salah satu cara menurunkan asam urat. Alasannya, jenis buah tersebut mengandung asam malat.

Selain menurunkan jumlah asam urat, asam malat bisa mengurangi keterikatan asam urat dengan jenis kristal lain dalam tubuh.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa mengonsumsi apel secara langsung. Kedua, Anda bisa mengolahnya jadi jus terlebih dahulu.

Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin supaya bisa mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Kenali 4 sayuran yang bisa membantu menurunkan asam lambung tinggi

Pisang

Pisang termasuk dalam obat herbal asam urat berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Jenis bahan alami itu mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Salah satunya adalah kalium. Kalium dalam pisang bisa mengencerkan asam urat yang sudah mengkristal.

Dengan begitu, asam urat yang menumpuk di bagian sendi dapat berkurang sehingga rasa sakit dan tidak nyaman dapat berkurang.

Jahe

Salah satu manfaat jahe adalah dipakai sebagai obat herbal asam urat.

Organic Facts merekomendasikan jahe sebagai obat herbal asam urat karena mengandung antiinflamasi.

Cara menggunakannya pun mudah. Anda bisa mengonsumsi jahe secara langsung, mencampurnya dengan air, atau mengombinasikannya dengan bahan alami yang lain.

Baca Juga: 4 Obat herbal ginjal yang bisa Anda jadikan pilihan

Lemon dan baking soda

Tahukah Anda bahwa lemon termasuk salah satu obat herbal asam urat? Kandungan dalam lemon mampu menetralkan asam urat.

Tidak berhenti sampai di situ, antioksidan yang terdapat dalam lemon pun mampu memperkuat jaringan dan sendi. Vitamin C yang terdapat dalam lemon juga berguna sebagai antiinflamasi.

Supaya efeknya lebih maksimal, cobalah untuk mencampur lemon dengan baking soda. Campurkan bahan-bahan itu dalam segelas air lalu minumlah secara rutin.

Selanjutnya: Waspada, 5 gejala penyakit ginjal ini bisa Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru