Anosmia? Simak 6 Penyebab Hidung Tak Bisa Mencium Bau Berikut

Kamis, 16 Juni 2022 | 11:22 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Anosmia? Simak 6 Penyebab Hidung Tak Bisa Mencium Bau Berikut

ILUSTRASI. Hidung tidak bisa mencium bau atau disebut anosmia.


KESEHATAN - Anosmia adalah kondisi di mana indera penciuman, hidung tidak bisa mencium aroma bau apapun. Penyebab masalah tersebut dapat dipengarhui oleh banyak faktor.

Ditengah pandemi ini sebagian orang kerap mengaitkan hidung tidak bisa mencium sesuatu dengan gejala Covid-19. Padahal, ternyata terdapat faktor-faktor lain bisa membuat indera penciuman hilang. 

Biasanya, saat hidung tidak bisa mencium sesuatu itu hanya bersifat sementara. Kendati demikian hal tersebut tidak boleh diabaikan. 

Baca Juga: 6 Manfaat Seks Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Simak!

Anosmia atau hidung tidak bisa mencium bau itu bisa diatas oleh banyak cara. Mulai dari minum obat dari dokter atau mengkonsumsi obat-obatan alami. 

Melansir dari Health Grades, penyebab hidung tidak bisa mencium itu tidak selalu karena gejala Covid-19. Berikut penyebab yang mungkin Anda alami: 

Merokok 

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa merokok juga dapat membuat hidung tidak bisa mencium bau. Selain tidak baik bagi paru-paru, rokok juga mengandung zat yang bisa mengganggu indera penciuman. 

Genetik 

Ternyata hidung tak bisa mencium bau atau anosmia juga bisa disebakan oleh genetik. Meski demikian, hal tersebut belum tentu berpengaruh kepada indera-indera lain. 

Baca Juga: 6 Cara Diet Alami Untuk Menurunkan Berat Badan, Terbukti Secara Ilmiah Loh

Terapi Radiasi 

Penyebab hidung tidak bisa mencium bau lainnya yaitu karena terapa radiasi. Segeralah berkonsultasi kepada dokter agar indera penciuman kembali seperti biasa setelah terapi radiasi. 

Cedera Kepala

Perlu diketahui bahwa cedera kepala bisa menyebabkan hidung tidak bisa mencium aroma apapun. Biasanya tingkat parahnya cedera bisa membuat hidung semakin tidak bisa mencium apapun dalam jangka waktu yang lama begitupun sebaliknya. 

Efek Samping Obat

Jika hidung Anda tidak bisa mencium bau atau aroma apapun, kemungkinan hal tesebut disebabkan oleh efek samping obat. Pasalnya, terdapat beberapa obat yang bisa menurunkan indera penciuman, salah satunya antibiotik. 

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui, Simak!

Tanda Penuaan 

Hidung tidak bisa mencium bau juga merupakan salah satu tanda penuaan. Biasanya orang lansia cenderung mengalami hal ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru