Apa Saja Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh?

Jumat, 24 Februari 2023 | 16:24 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Apa Saja Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh?


KESEHATAN - Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh telah teruji secara klinis. Tak heran, manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Beras merah mengandung kalori yang lebih rendah jika dibanding dengan beras biasanya. Sehingga beras merah saat cocok dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan.

Beras merah juga meruapakan salah satu varietas beras yang telah dikonsumsi umat manusia dari jutaan tahun lalu.

Baca Juga: 5 Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Manfaat yang diberikan beras merah berasal dari banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan dalam beras merah tersebut di antaranya seperti protein, zinc magnesium, kalsium, zat besi, vitamin B1 B2 B3, dan masih banyak lagi. 

Melansir dari PharmEasy, beriku manfaat beras merah bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

1. Mengontrol Gula Darah

Beras merah adalah pilihan terbaik untuk mengontrol kadar gula darah. Alhasil beras merah mungkin masih bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes yang belum terlalu parah.

Baca Juga: Catat Ya 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

2. Membantu Pencernaan

Beras merah adalah makanan pokok yang cocok ditambahkan ke daftar makanan sehari-hari untuk mengoptimalkan sistem pencernaan. Serat yang ada dalam beras merah membantu mengatur pergerakan usus dan menjaga pergerakan usus Anda tetap teratur. 

Beras merah juga memiliki hasil yang sangat baik untuk menyembuhkan radang usus besar dan sembelit.

3. Baik Untuk Ibu Menyusui

Beras merah juga mempunyai manfat yang luar biasa dalam depresi pascamelahirkan. Selain itu, Mengkonsumsi beras merah ini menunjukkan hasil positif pada wanita menyusui untuk memperbaiki mood yang terganggu, tahap depresi dan kelelahan.

Baca Juga: Simak Yuk 5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Beras merah kaya akan kalsium dan magnesium yang membantu menjaga kesehatan tulang. Sehingga sangat membantu untuk mengobati kondisi medis seperti radang sendi dan osteoporosis.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat beras merah lainnya yaitu dapat mengontrol kadar kolesterol juga loh. Beras merah juga merupakan pilihan yang lebih disukai banyak orang karena mengandung kadar kolesterol yang rendah. 

Minyak hadir dalam beras merah dikenal untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL). Selain itu, serat dalam beras merah juga mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membantu dalam ekskresinya.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beras merah adalah salah satu makanan yang terkenal digunakan untuk menurunkan berat badan karena mempunyai kalori yang rendah. Meski demikian, beras merah kaya serat makanan yang membantu membuat Anda kenyang lebih lama, jadi memilih makanan kaya serat dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan. 

Mengganti nasi merah dengan nasi putih juga bisa membantu mengurangi lemak perut. Studi berbeda menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak beras merah memiliki berat badan lebih sedikit daripada mereka yang makan nasi putih.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

7. Mencegah Alzheimer

Beras merah juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti Alzheimer.

Beras merah dapat membantu mengurangi risiko disfungsi kognitif dan gangguan neurodegeneratif. Mereka kaya serat yang menurunkan kadar kolesterol yang diketahui menambah risiko penyakit neurodegeneratif seperti Parkison atau alzheimer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru