Apakah Bisa Pakai Google Map Tanpa Paket Data? Begini Cara Menggunakan Secara Offline

Kamis, 28 Desember 2023 | 14:25 WIB   Penulis: Arif Budianto
Apakah Bisa Pakai Google Map Tanpa Paket Data? Begini Cara Menggunakan Secara Offline

ILUSTRASI. Apakah Bisa Pakai Google Map Tanpa Paket Data? Begini Cara Menggunakan Secara Offline


TIPS & TRIK - Apakah kita bisa menggunakan Google Maps tanpa paket data atau internet? Begini cara menggunakan aplikasi Google Maps secara offline.

Pengguna HP Android tentu tidak asing dengan aplikasi Google Maps saat berpergian. Seperti yang kita ketahui, Google Maps membantu pengguna memberikan navigasi kepada pengguna untuk bepergian jarak jauh atau jarak dekat sekalipun.

Meski kita tahu jika mengekses Google Maps membutuhkan koneksi internet atau harus mengaktifkan paket data, apakah bisa aplikasi tersebut digunakan secara offline agar lebih hemat data?

Jika Anda merasa bepergian ke tempat yang internetnya lambat, tarif paket data yang mungkin mahal, atau justru tidak ada sinyal, kira-kira bagaimana cara mengakses Google Maps?

Kabar baiknya, Google Maps bias diakses secara offline tanpa harus mengaktifkan paket data atau terhubung dengan internet.

Anda dapat menyimpan area dari Google Maps ke HP atau tablertt dan menggunakannya saat offline alias tidak terhubung dengan internet.

Mau tahu bagaimana cara download peta agar bisa menggunakan Google Maps secara offline? Yuk simak cara lengkapnya di bawah ini.

Google Maps

Baca Juga: Mudah, ini 2 Cara Klaim Kode Redeem ML (Mobile Legends) Desember 2023 Terbaru

Cara mendownload peta di Google Maps agar bisa digunakan secara offline tanpa paket data:

  1. Buka aplikasi Google Maps di HP Anda
  2. Pastikan Anda telah terhubung ke internet dan login ke Google Maps
  3. Telusuri tempat atau area peta yang akan diunduh atau download, misalnya Jakarta, Bandung, Yogyakarta atau area lainnya.
  4. Di bagian bawah, ketuk nama atau alamat tempat tersebut > ketuk Lainnya (ikon titik tiga) kemudian pilih Download peta offline

Cara yang sama berlaku juga untuk menelusuri restoran atau tempat lainnya.

Setelah berhasil mendownload suatu area atau wilayah, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps seperti biasanya tanpa mengaktifkan paket data atau terhubung internet.

Catatan tambahan, rute transportasi umum, bersepeda, atau jalan kaki tidak tersedia saat offline. Dalam rute mobil offline, Anda juga tidak bisa mendapatkan info lalu lintas, rute alternatif, atau panduan jalur.

Meskipun ada beberapa kekurangan pada peta offline Google Maps, Anda juga memperoleh benefit lainnya. Salah satunya adalah penggunaan baterai HP yang lebih hemat.

Baca Juga: Cara dan Syarat Refund Steam Agar Mendapatkan Pengembalian Dana

Demikian tips seputar Google Maps yang kami bagikan pada pembahasan kali ini. Akhir kata, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru