Arti Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak, Mana yang Tepat untuk Ucapan Ramadhan?

Kamis, 23 Maret 2023 | 06:41 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Arti Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak, Mana yang Tepat untuk Ucapan Ramadhan?

ILUSTRASI. Arti Ramadhan Kareem adalah 'Ramadhan yang murah hati' atau "Ramadhan yang pemurah".


RAMADAN - Marhaban ya Ramadan adalah ucapan menyambut Ramadan 2023 yang sering sampaikan umat Islam memasuki bulan penuh berkah. Namun, terkadang umat Islam ada yang mengucapkan selamat Ramadhan dengan menyebut Ramadhan Kareem atau Ramadhan Mubarak. 

Namun, sebenarnya apa arti Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak? Selain itu, mana seharusnya yang digunakan sebagai ucapan selamat menyambut Ramadhan?

Salah satu contoh ucapan Ramadhan 2020 menggunakan Ramadhan Mubarak adalah sebagai berikut:

Baca Juga: 51 Kumpulan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa dan Maaf Menjelang Ramadhan 2023

"Ramadhan Mubarak! Allah sekali lagi telah memberi kita kesempatan untuk lebih dekat dengan-Nya selama bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Kita harus mengambil kesempatan ini untuk melakukan banyak amal baik dan giat beribadah kepada-Nya."

Sementara, contoh ucapan Ramadhan 2023 menggunakan Ramadhan Kareem adalah sebagai berikut:

"Ramadhan Kareem. Semoga Ramadhan ini menjadi lebih baik dari tahun kemarin bagi kita semua."

Nah, penjelasan mengenai arti Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak bisa disimak di artikel ini.

Baca Juga: 46 Twibbon Ramadhan 2023 Gratis yang Bisa Dibagikan di Medsos

Arti Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak 

arti Ramadhan Kareem digunakan seolah-olah untuk mengungkapkan'semoga Ramadhan murah hati untuk Anda'.

Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak berasal dari Arab. Arti Ramadhan Kareem atau Ramadhan Karim adalah 'Ramadhan yang murah hati' atau "Ramadhan yang pemurah". 

Dikutip dari laman Times of India, arti Ramadhan Kareem digunakan seolah-olah untuk mengungkapkan'semoga Ramadhan murah hati untuk Anda'.

Sementara itu, dikutip dari Metro.co.uk, ada beberapa kepercayaan bahwa ungkapan Ramadhan Kareem tersebut tidak tepat diucapkan pada bulan Ramadhan. 

Baca Juga: Ibu Menyusui Boleh Puasa atau Tidak? Ini Jawaban Pakar Laktasi dan WHO

Sebab, sebagian umat Islam merasa bahwa ucapan Ramadhan Kareem bertentangan dengan ajaran Islam, karena Ramadhan itu sendiri tidak bisa murah hati. 

Namun, sebagian lainnya berpendapat bahwa itu sah-sah saja digunakan karena mencerminkan keberkahan yang Allah berikan kepada umat-Nya selama bulan puasa.

Sedangkan arti Ramadhan Mubarak bisa berarti 'Ramadan yang penuh berkah' dan bisa diterjemahkan sebagai 'Selamat Ramadhan'. 

Ucapan Ramadhan Mubarak diungkapkan untuk menyapa seseorang selama bulan suci Ramadhan dan mendoakan mereka agar mendapatkan berkah atas kebaikan dan ibadah mereka selama Ramadhan. 

Baca Juga: Template Kalender Jadwal Puasa Muhammadiyah dan NU pada Ramadhan 2023

Ramadhan Kareem atau Ramadhan Mubarak, mana yang lebih tepat?

Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut penggunaan kata Ramadhan Mubarak lebih tepat dibandingkan Ramadhan Kareem sebagai ucapan menyambut Ramadhan.

Baik Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak memiliki makna positif. Namun, penggunaan Ramadhan Kareem sebagai ucapan selamat Ramadhan dianggap tidak tepat karena diyakini bertentangan dengan semangat puasa. 

Apalagi arti Ramadhan Kareem bisa dimaknai sebagai doa untuk mengharapkan kemurahan hati Ramadhan. Selain itu, ada yang mengatakan itu tidak boleh dikatakan selama bulan Ramadhan. 

Hal ini juga disampaikan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin seperti dikutip dari laman Muslim.or.id. 

Baca Juga: Moms, Ini 5 Cara Sederhana biar Tetap Fokus dan Produktif saat Puasa

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin mengatakan, "Hukumnya adalah bawah kalimat ini “Ramadhan Karim” (terjemahnya: Ramadhan itu pemurah) adalah tidak benar. Yang benar adalah “Ramadhan Mubarak” (Ramadhan yang diberkahi) atau yang semisal, karena bukan Ramadhan yang memberi sehingga disebut pemurah, akan tetapi Allah Ta’ala yang memberikan keutamaan ini.” [Majmu’ Fatawa Syaikh Al-‘Ustaimin 20/254). 

Demikian arti Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak. Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut penggunaan kata Ramadhan Mubarak lebih tepat dibandingkan Ramadhan Kareem sebagai ucapan menyambut Ramadhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru