CLOSE [X]

Asal-usul Hari Hijab Sedunia 1 Februari 2024 dan Pengakuan Global World Hijab Day

Senin, 29 Januari 2024 | 15:18 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Asal-usul Hari Hijab Sedunia 1 Februari 2024 dan Pengakuan Global World Hijab Day

ILUSTRASI. Hari Hijab Internasional


Hari Hijab Sedunia - Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day diperingati setiap tanggal 1 Februari. Hari Hijab Internasional 2024 pun jatuh pada Kamis, 1 Februari 2024. 

Hari Hijab Sedunia dirayakan untuk memperingati jutaan wanita Muslim yang memilih untuk mengenakan jilbab. Pada hari ini juga merupakan hari untuk mendorong perempuan mengenakan jilbab. 

Asal-usul Hari Hijab Sedunia bermula dari seorang imigran dari Bangladesh di New York bernama Nazma Khan. Nazma Khan mengemukakan ide bahwa Hari Hijab Sedunia bisa menjadi sarana untuk menumbuhkan kebebasan dalam berekspresi dan beragama, terutama untuk mengenakan hijab. 

Tujuan Hari Hijab Sedunia adalah untuk mengatasi beberapa kontroversi seputar mengapa perempuan Muslim memilih untuk mengenakan jilbab.

Lantas, seperti apa sejarah Hari Hijab Sedunia? 

Baca Juga: Daftar Hari Penting Nasional dan Internasional Februari 2024, Ada Hari Hijab Sedunia

Asal-usul Hari Hijab Sedunia 

Hari Hijab Internasional 2024

Asal-usul Hari Hijab Sedunia pertama kali diperingati pada 1 Februari 2013. Pencetus Hari Hijab Sedunia adalah Nazma Khan, seorang muslim Bangladesh yang tinggal di New York, Amerika Serikat. 

Ia ingin menumbuhkan toleransi dan pemahaman beragama dengan mengajak seluruh perempuan untuk berhijab satu hari saja. Tumbuh besar di NYC, Nazma mengalami banyak diskriminasi saat mengenakan jilbab ke sekolah terutama setelah peristiwa 9/11. 

Dirangkum dari laman World Hijab Day, Nazma pindah ke New York dari Bangladesh pada 1994. Pada waktu itu, Nazma berusia 11 tahun dan menjadi satu-satunya perempuan berhijab di sekolahnya di New York. 

Di sekolah menengah, Nazma sering dijuluki sebagai "Batman" atau " ninja". Kemudian, saat dia melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas, meletuslah peristiwa serangan 11 September 2001 atau 9/11.  

Baca Juga: Inilah Deretan Produk yang Paling Diburu di Shopee

Pada waktu itu, kelompok militan al-Qaeda, membajak empat pesawat jet penumpang dan menabrakkan dua pesawat ke Menara Kembar World Trade Center di New York City. Kedua menara runtuh dalam kurun waktu dua jam dan menewaskan 3.000 orang. 

Peristiwa tersebut membuat diskrimasi terhadap Nazma semakin gencar dilakukan. Orang-orang pun memanggil Nazma dengan sebutan Osama bin Laden atau teroris. 

Baginya, itu mengerikan. Dia pun berpikir bahwa satu-satunya cara mengakhiri diskriminasi adalah dengan mengkampanyekan penggunaan hijab. 

Adanya Hari Hijab Internasional diharapkan dapat mengakhiri diskriminasi terhadap perempuan berhijab. Saat ini, masyarakat di 190 negara di seluruh dunia ikut serta dalam Hari Hijab Sedunia.

Baca Juga: Cerita Fitur dan Inovasi Shopee Temani Perjalanan ZM Zaskia Mecca&Sepasang Collection

Perjalan World Hijab Day dan pengakuan dunia internasional

Peringatan World Hijab Day telah didukung oleh banyak individu terkenal dunia termasuk cendekiawan, politisi, dan selebriti di seluruh dunia. 

Perayaan World Hijab Day telah diliput di media berita arus utama termasuk TIME, BBC, CNN, Al-Jazeera dan Huffington Post, dan lain-lain. 

Selain itu, ada banyak pencapaian sejak dicanangkannya Hari Hijab Sedunia. Salah satunya adalah pengakuan Hari Hijab Sedunia oleh Negara Bagian New York sejak 2017. 

Pada tahun yang sama, House of Commons Inggris mengadakan acara untuk memperingati hari tersebut, yang juga dihadiri oleh mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May. Acara ini diselenggarakan oleh Tasmina Ahmed-Sheikh, SNP MP untuk Ochil dan South Perthsire

Baca Juga: PBB Soroti Ketatnya Aturan Berpakaian pada Perempuan di Afghanistan

Pada 2018, Parlemen Skotlandia juga menyelenggarakan pameran selama tiga hari untuk memperingati Hari Hijab Internasional. Banyak politisi termasuk Nicola Sturgeon, mantan Menteri Pertama Skotlandia, menunjukkan dukungannya terhadap Hari Hijab Sedunia. 

Selain itu, Dewan Perwakilan Rakyat Filipina menyetujui rancangan undang-undang yang berupaya mendeklarasikan Hari Jilbab Nasional di Filipina.

Pada 1 Februari 2022, Meta, perusahaan induk dari Facebook dan Instagram, turut merayakan Hari Hijab Sedunia yang ke-10. Pada 2023, Nazma dinobatkan sebagai Top 50 Muslim Berpengaruh di Amerika. 

Demikian penjelasan mengenai asal-usul Hari Hijab Sedunia yang diperingati pada 1 Februari dan pengakuan global mengenai World Hijab Day

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru