Asam Lambung dan Kecemasan Punya Hubungan Erat, Begini Cara Mengatasinya

Senin, 11 September 2023 | 13:02 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Asam Lambung dan Kecemasan Punya Hubungan Erat, Begini Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. Asam lambung dan kecemasan kemungkinan besar memiliki hubungan yang erat.


KESEHATAN - Asam lambung dan kecemasan kemungkinan besar memiliki hubungan yang erat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres dan kecemasan dapat memperburuk gejala asam lambung.

Kecemasan dan stres juga dapat menjadi faktor penyebab naiknya asam lambung dalam beberapa kasus. Sebaliknya, asam lambung dapat menimbulkan stres dan menimbulkan kecemasan pada sebagian orang.

Hubungan antara kecemasan dan penyakit asam lambung

Asam lambung terjadi ketika asam dari lambung bocor kembali ke pipa makanan, atau kerongkongan. Penyakit refluks gastroesofageal (GERD) adalah istilah untuk asam lambung yang persisten.

Kecemasan merupakan respons alami terhadap stres dalam tubuh. Paradoksnya, mengalami kecemasan bisa menjadi stres tersendiri, yang bisa menciptakan sebuah siklus.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa stres dan kecemasan dapat memicu naiknya asam lambung atau memperburuk gejalanya.

Misalnya, sebuah penelitian tahun 2018 yang melibatkan lebih dari 19.000 orang menemukan bahwa mereka yang mengalami kecemasan lebih mungkin mengalami gejala GERD.

Mengutip Medical News Today, penulis penelitian menyarankan beberapa kemungkinan alasan fisik untuk hal ini:

1. Kecemasan dapat mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, yaitu otot yang menjaga lambung tetap tertutup dan mencegah asam bocor ke kerongkongan.

2. Respons stres dan kecemasan dapat menyebabkan ketegangan otot yang bertahan lama. Jika hal ini memengaruhi otot di sekitar perut, hal ini dapat meningkatkan tekanan pada organ dan mendorong asam naik.

Baca Juga: Cara Minum Kopi agar Tak Memicu Asam Lambung Tinggi

3. Tingkat kecemasan yang tinggi dapat meningkatkan produksi asam lambung.

4. Dalam beberapa kasus, orang dengan kecemasan yang memiliki jumlah episode refluks asam yang sama dengan orang tanpa kecemasan menilai episode ini lebih parah.

Para penulis penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa di antara orang-orang dengan GERD, gejala-gejalanya – termasuk nyeri di belakang tulang dada dan mulas – lebih parah pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi.

Alasan penyakit asam lambung membuat orang cemas

Para ilmuwan juga mencatat bahwa GERD dapat menjadi sumber stres dan kecemasan yang signifikan bagi manusia.

Pada tahun 2019, peneliti mencatat bahwa penderita GERD yang mengalami nyeri dada memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengalami nyeri di bagian tubuh tersebut.

Penulis penelitian juga menyarankan bahwa orang mungkin mengasosiasikan gejala seperti nyeri dada dengan kondisi lain yang lebih serius, sehingga meningkatkan kecemasan mereka terhadap gejala tersebut.

Kombinasi faktor-faktor ini dapat menyebabkan terjadinya lingkaran setan. GERD dapat menyebabkan stres dan kecemasan, namun stres dan kecemasan juga berkontribusi terhadap GERD. Menemukan cara fisik dan psikologis untuk mengatasi gejala-gejala ini sangat penting untuk memutus siklus dan mendapatkan bantuan.

Baca Juga: 5 Obat Batuk Herbal Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

Faktor lain yang dapat menyebabkan asam lambung meliputi:

- kegemukan
- kehamilan
- merokok
- menderita hernia hiatus
- Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan GERD atau memperburuk gejalanya. 

Seseorang harus berbicara dengan dokter tentang obat apa pun yang mereka minum jika mereka khawatir tentang asam lambung dan GERD.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru