Baik untuk kesehatan Anda, kenali 6 manfaat nanas ini

Kamis, 07 Oktober 2021 | 12:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Baik untuk kesehatan Anda, kenali 6 manfaat nanas ini

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat nanas yang baik untuk kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.


KESEHATAN - JAKARTA. Manfaat nanas berasal dari antioksidan dan nutrisi lain yang terkandung dalam buah tersebut. Biasanya, buah nanas berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, tentu saja masih banyak khasiat buah nanas yang lain.

Kemampuan nanas untuk meningkatkan sistem imun tubuh datang dari tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), buah nanas juga dipenuhi dengan vitamin A, vitamin K, kalsium, fosfor, dan zinc.

Anda bisa mengonsumsi buah nanas secara langsung atau mengolahnya jadi hidangan yang lain. Misalnya, smoothie, salad, dan lain-lain. Pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat supaya manfaat ini bisa Anda dapat dengan maksimal.

Mencegah Kanker

Seperti yang telah dikatakan, buah nanas dipenuhi dengan antioksidan. Nah, antioksidan itulah yang mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Selain itu, buah nanas juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Ini jenis buah-buahan yang harus dihindari oleh penderita diabetes

Mencegah Hipertensi

Manfaat nanas bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat nanas berikutnya adalah mencegah hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Kandungan kalium yang banyak dalam buah nanas mampu menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, risiko penyakit jantung juga dapat Anda hindari.

Meredakan Mual

Apabila Anda sedang mengalami mual, entah karena hamil atau faktor yang lain, cobalah untuk mengonsumsi nanas. Bromelain, salah satu jenis enzim yang terdapat dalam buah nanas, mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga mual dapat Anda atasi dengan baik.

Meredakan Stres

Stres yang tak terkelola dengan baik bisa memicu masalah kesehatan yang lain. Tak hanya melakukan meditasi, yoga, atau kegiatan relaksasi yang lain, cara mengatasi stres yang dapat Anda lakukan adalah dengan rutin mengonsumsi nanas.

Baca Juga: 5 Obat sariawan alami yang bahannya mudah didapatkan

Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat nanas adalah mengobati jerawat.

Manfaat nanas berikutnya yang tak kalah penting untuk Anda ketahui adalah mengobati jerawat. Tidak berhenti sampai di situ, nanas juga bisa menjaga kulit dari paparan sinar matahari sehingga warna kulit tetap rata. Pharmeasy mengatakan bahwa khasiat nanas itu datang dari tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan.

Melebatkan Rambut

Tahukah Anda bahwa buah nanas bisa digunakan untuk melebatkan rambut? Nutrisi dalam buah nanas baik untuk folike rambut. Dengan begitu, rambut tak mudah rontok dan bisa tumbuh lebih kuat dan sehat.

Selanjutnya: 4 Buah ini efektif menurunkan gula darah, berdasarkan penelitian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru