Banyak kecoa di rumah? Usir dengan 7 tips mudah dan alami ini

Minggu, 23 Mei 2021 | 15:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Banyak kecoa di rumah? Usir dengan 7 tips mudah dan alami ini


KONTAN.CO.ID - Kecoa memang menjadi hama yang bisa membahayakan kesehatan. Ada tips mudah dan alami untuk mengusir hewan menjijikan itu.

Kehadiran kecoa identik dengan hal-hal tidak bersih seperti sampah atau ruangan yang jarang dibersihkan. Kecoa biasa hidup di tempat yang kotor.

Karenanya, tubuh kecoa membawa banyak bakteri jahat. Bakteri tersebut bisa mendatangkan berbagai penyakit yang bisa mengganggu kesehatan keluarga Anda. 

Berbagai produk pembersih seperti semprotan pengusir kecoa menjadi barang yang diandalkan untuk mengusir serangga ini. 

Jika kebetulan pembasmi kecoa di rumah habis, Anda bisa menggunakan berbagai cara membasminya. Merangkum dari Lifehack, berikut cara-cara alami yang bisa mengusir kecoa dari rumah:

  • Daun salam

Anda mungkin tidak menyangka jika bay leaves atau daun salam bisa digunakan selain sebagai bumbu masakan.

Daun salam bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoa. Caranya cukup remas atau hancurkan daun salam yang sudah kering lalau sebarkan di sekitar lokasi munculnya kecoa. 

Baca Juga: Pegadaian buka lowongan kerja terbaru Mei 2021, cek posisi apa saja yang ditawarkan

  • Timun

Cara mengusir kecoa dari rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan timun. Seperti tips dari Lifehack, Anda cukup menyediakan kaleng aluminium, timun, dan vaseline. 

Potong-potong timun segar lalu taruh ke dalam kaleng yang sudah terlebih dahulu dilumuri vaseline di bagian dalamnya. Taruh kaleng tersebut di tempat biasa kecoa muncul seperti kamar mandir atau kamar tidur, kemudian tunggu beberapa jam. 

  • Botol soda

Anda bisa membuat sebuah perangkap kecoa hanya dengan menggunakan sebotol soda bekas. Siapkan botol bekas soda lalu potong pada bagian atasnya.

Isi bagian bawah botol dengan larutan yang manis seperti campuran kopi dan gula. Lalu, taruh bagian atas botol yang sudah dipotong sebelumnya dengan posisi bagian ujung yang kecil menghadap ke arah cairan. 

Posisi bagian botol yang membentuk terowongan akan membuat kecoa sulit keluar jika sudah masuk ke dalamnya. 

  • Campuran boraks dan gula

Selain menggunakan botol soda, Anda juga bisa membuat sebuah perangkap kecoa menggunakan boraks dan gula. 

Campuran ini cukup mudah dan murah dibuat namun Anda harus hati-hati meletakkan campuran ini agar tidak termakan oleh hewan peliharaan.

Baca Juga: Tips membedakan ayam segar dan tiren, biar tidak tertipu pedagang nakal

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru