Begini cara agar bibir tidak hitam dengan bahan-bahan alami ini

Selasa, 19 Januari 2021 | 14:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Begini cara agar bibir tidak hitam dengan bahan-bahan alami ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti bagian kulit yang lain, bibir juga bisa berubah warna menjadi lebih gelap. Untuk mengatasinya, ada berbagai macam cara agar bibir tidak hitam. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Sebelum mengatasi warna bibir yang gelap, Anda perlu mengetahui dulu mengapa hal itu bisa terjadi. Ada banyak penyebab bibir hitam, seperti pola hidup yang kurang baik, kondisi kesehatan, atau makanan yang Anda konsumsi.

Jika Anda tak ingin memiliki bibir hitam, Anda perlu melakukan beberapa cara. Mulai dari menghindari paparan sinar matahari berlebih, minum banyak air putih, membatasi konsumsi kafein, mengatur stres dengan baik, dan memakai bahan alami.

Minyak Zaitun

Bahan pertama yang efektif mengatasi bibir hitam Anda adalah minyak zaitun. Mengutip dari Beauty Glimpse (beautyglimpse.com), minyak zaitun mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin C yang berguna untuk memperbaiki warna bibir.

Kandungan itu mampu melindungi bibir dari efek sinar UV dan meningkatkan produksi kolagen. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun secara rutin di bibir Anda. Setelah beberapa waktu, bibir akan terlihat lebih cerah dan lembut.

Baca Juga: 4 Cara memerahkan bibir yang tidak diketahui banyak orang

Air Lemon

Cara agar bibir tidak hitam juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan air lemon. Zat asam yang terkandung dalam lemon berperan sebagai pencerah alami yang bisa memerahkan bibir. Caranya, gosokkan irisan lemon secara perlahan pada bibir tiap malam. Kemudian, cuci bibir dengan air di pagi hari.

Almond dan Susu

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan oleh Beauty Glimpse adalah almond dan susu. Anda perlu merendam satu hingga dua kacang almond selama semalaman terlebih dahulu. Di pagi hari, giling kacang tersebut bersama dengan susu.

Selain menggiling kacang almond, Anda bisa langsung memakai kacang almond dalam bentuk bubuk. Setelah Anda mencampur dua bahan itu hingga berbentuk pasta, oleskan pada bibir lalu diamkan dulu selama tiga hingga lima menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Stroberi

Stroberi bisa dimanfaatkan sebagai cara agar bibir tidak hitam.

Bahan alami selanjutnya sebagai cara agar bibir tidak hitam adalah stroberi. Kandungan antioksidan dalam buah tersebut mencerahkan bibir secara natural. Pertama, tumbuk stroberi hingga halus. Setelah itu, aplikasikan stroberi pada bibir sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Cari cara mengatasi bibir kering? Pakai pelembab bibir dari bahan alami ini, yuk

Minyak Almond

Minyak almond adalah bahan alami selanjutnya yang bisa Anda pilih sebagai pencerah bibir. Vitamin dan mineral penting dalam minyak almond mampu mengatasi hiperpigmentasi yang membuat bibir hitam dan mencegah bibir menjadi dehidrasi.

Anda hanya perlu menggosokkan minyak almond pada bibir tiap malam. Setelah itu, bilas dengan air di pagi hari. Anda perlu melakukannya secara rutin supaya hasilnya bisa Anda dapat dalam beberapa bulan.

Selanjutnya: Mudah dicoba, ini 4 cara membuat bibir merah alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru