CLOSE [X]

Begini Cara agar WhatsApp Tidak Terlihat Online Saat Balas Pesan

Senin, 28 Februari 2022 | 08:23 WIB Sumber: Kompas.com
Begini Cara agar WhatsApp Tidak Terlihat Online Saat Balas Pesan

ILUSTRASI. Terdapat beberapa cara yang memungkinkan Anda tidak tampak "Online" dari orang lain saat menuliskan pesan balasan. de Leo PIERRE / Hans Lucas


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Istilah "Online" yang kerap muncul di bagian bawah nama kontak, tentu sudah tak asing lagi bagi para pengguna WhatsApp. Sejumlah pengguna terkadang ingin menjaga privasinya di WhatsApp dan tidak ingin terlihat "Online" oleh orang lain. 

Terdapat beberapa cara yang memungkinkan Anda tidak tampak "Online" dari orang lain saat menuliskan pesan balasan. Cara ini cukup berguna untuk pengguna yang tidak ingin tampak "Online" di WhatsApp ketika sedang membuka atau membalas pesan di aplikasi tersebut. 

Lantas, bagaimana cara agar WhatsApp tidak terlihat online saat membalas pesan? 

Balas chat WhatsApp lewat panel notifikasi 

Cara yang pertama adalah dengan membalas pesan WhatsApp dari panel notifikasi. Dengan catatan, Anda perlu memastikan pengaturan notifikasi di ponsel tidak dimatikan. Melalui cara ini, Anda tidak akan terlihat online bahkan tidak muncul keterangan "...sedang mengetik" atau "typing". 

Baca Juga: Ini Cara Membuat WhatsApp Baru dengan Nomor yang Sama, Anti Ribet!

Aktifkan mode pesawat atau matikan data

Cara yang kedua untuk menyembunyikan status "Online", yakni dengan memanfaatkan fitur mode pesawat yang ada di ponsel. Dengan begitu, koneksi data akan langsung terputus. 

Berikut langkahnya: 

1. Buka menu pengaturan atau setting pada ponsel 
2. Matikan koneksi data serta WiFi. Praktisnya, cukup tekan mode pesawat atau airplane mode sebelum membuka WhatsApp 
3. Setelah itu, buka WhatsApp dan baca chat yang masuk. Anda pun dapat mengetik pesan balasan tanpa terlihat "Online" 
4. Selama ponsel berada dalam mode pesawat, WhatsApp tidak akan menunjukkan status "Online", sekalipun tengah membuka pesan dan mengetik balasan 
5. Nantinya, pesan balasan akan terkirim begitu mode pesawat dimatikan dan koneksi data atau WiFi dinyalakan.

Baca Juga: Twitter Video: Cara Download Lewat Situs TWDown di Semua Perangkat (HP & Laptop)

Status online tidak dapat dilihat orang asing

Diberitakan Kompas.com, 10 Januari 2022, WhatsApp menerapkan kebijakan privasi baru bagi penggunanya. Kini, status "Last Seen" dan "Online" secara otomatis tidak dapat dilihat oleh orang asing. 

Orang asing di sini adalah orang yang tidak pernah terlibat dalam percakapan WhatsApp, dan tidak ada dalam daftar kontak pengguna. Ini adalah pengaturan bawaan dari WhatsApp, sehingga pengguna tidak perlu mengubah pengaturan privasi di akunnya menjadi "Hanya kontak". 

Dilansir dari Nairametrics, pada aturan bawaan WhatsApp sebelumnya, informasi "Last Seen" dan "Online" dapat dilihat oleh semua orang. 
Hal ini membuat siapa pun pengguna aplikasi WhatsApp dapat melihat informasi penggunaan akun orang lain secara bebas. 

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Backup Chat WhatsApp Secara Berkala

Kecuali seorang pengguna membatasi privasi akunnya, misalkan hanya bisa dilihat oleh kontaknya saja dengan mengubah aturan privasi dari "Semua orang" menjadi "Hanya kontak saya". 

Melalui pesan elektronik, WhatsApp menyebut limitasi ini dilakukan untuk meningkatkan perlindungan privasi dan keamanan penggunanya. 
Bagi kontak yang sudah Anda simpan atau pernah Anda chat sebelumnya, tidak akan terpengaruh dengan kebijakan privasi baru ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara agar WhatsApp Tidak Terlihat Online Saat Membalas Pesan"
Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru