Begini cara menumbuhkan jiwa entrepreneurship anak sejak dini

Minggu, 08 Agustus 2021 | 12:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Begini cara menumbuhkan jiwa entrepreneurship anak sejak dini


PARENTING -  Anda bisa menanamkan beberapa hal agar jiwa entrepreneurship anak bisa tumbuh sejak dini. Jiwa entrepreneruship atau jiwa kewirausahaan bisa membantu buah hati meraih kesuksesan saat dewasa kelak. 

Profesi seperti pengacara, dokter, atau direktur sebuah perusahaan memang memiliki penghasilan yang cukup tinggi. 

Namun sudah menjadi rahasia umum jika banyak wirausahawan atau entrepreneur yang mendapatkan kesuksesan yang lebih memuaskan. 

Bagi orangtua yang memang berkecimpung di dunia entrepreneur, mungkin tidak sulit mengajarkan nilai-nilai kewirausahaan. 

Baca Juga: Belajar dari sekarang, ini materi SKD CPNS 2021 dan nilai ambang batasnya

Akan berbeda ceritanya jika orangtua awam dengan dunia ini. Namun, Anda tetap bisa menumbuhkan jiwa entrepreneurship anak sejak mereka masih kecil. 

Berikut ini cara menumbuhkan jiwa entrepreneurship anak sejak dini dirangkum dari Instagram Siap Nikah

  • Menceritakan kisah sukses para pengusaha

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan senang mendengar cerita yang menarik. Gunakan dua hal tersebut untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada anak. 

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menceritakan kisah para pengusaha sukses. Anda bisa menceritakan kisah Jeff Bezos dengan Amazon-nya, Bill Gates yang sukses mendirikan Microsoft, atau Jack Ma yang merintis dari nol hingga berhasil membangun Alibaba. 

Selain menumbuhkan jiwa entrepreneurship, cerita juga bermanfaat pada tumbuh kembang anak. Kisah-kisah yang Anda ceritakan bisa menstimulasi otak anak agar lebih kreatif. 

  • Mengamati secara langsung

Cobalah untuk memberikan contoh dengan cara mengamati secara langsung para pelaku kewirausahaan. Cara ini bisa membantu membuka pola pikir mereka. Jelaskan tentang transaksi jual-beli saat berbelanja. 

Tambahkan juga penjelasan bagaimana Anda bisa mendapatkan uang untuk membeli segala kebutuhan termasuk keinginan buah hati. 

  • Jadikan salah satu cita-cita

Anak-anak pasti memiliki cita-cita seperti menjadi dokter atau anggota TNI. Agar jiwa entrepreneurship buah hati muncul, tulis cita-cita menjadi wirausahawan pada daftar cita-cita anak. 

Dengan cara ini buah hati akan terpacu dan berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut. 

Baca Juga: Ini syarat mendapatkan bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud Ristek 2021

  • Mengajari menghadapi masalah

Seiring berjalannya waktu, anak-anak tentu akan menghadapi berbagai persoalan terlebih jika nanti di memilih menjadi seorang pengusaha. 

Menjadi pengusaha yang sukses berarti mau dan berani menghadapi masalah. Agar buah hati lebih siap dengan hal tersebut, Anda bisa mengajarinya sejak dini. 

Cerita tentang pengusaha sukses akan menumbuhkan empati anak dan membuat mereka mampu melihat persoalan yang ada, kemudian mencari solusi yang tepat. 

  • Belajar membuat keputusan

Membuat keputusan memang terkesan mudah namun tidak semua orang mampu mengambilnya dengan baik sesuai keinginannya. 

Anda bisa membantu anak belajar membuat keputusannya sendiri sejak dini. Berikan beberapa pilihan dan biarkan buah hatu membuat keputusan atas keinginannya sendiri. 

Dengan cara ini, anak kelak bisa dengan mandiri mengambil keputusan yang terbaik tanpa bantuan orang lain. 

  • Menumbuhkan sportivitas

Salah satu hal yang penting diajarkan saat menumbuhkan jiwa entrepreneurship anak adalah sportivitas. Hal ini penting diajarkan agar anak memahami arti sebuah proses dan tidak selalu berorientasi hasil. 

Tidak jarang orang menyerah setelah mengalami kegagalan karena mereka tidak memahami proses yang sudah dilakukan. 

Dengan sportivatas, mental tidak mudah menyerah pada anak akan terbentuk. Jiwa sportivitas bisa terbentuk dengan berolahraga. 

Ajak buah hati untuk menekuni satu atau dua olahraga agar mereka memahami arti sebuah proses.

Selanjutnya: Dari bahan alami, begini cara membuat perangkap untuk mengusir kecoa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru