Berasal dari bahan-bahan alami, berikut 6 obat herpes yang bisa Anda jajal

Rabu, 26 Mei 2021 | 18:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Berasal dari bahan-bahan alami, berikut 6 obat herpes yang bisa Anda jajal


KESEHATAN - Herpes adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan infeksi virus. Obat herpes Anda butuhkan untuk mengatasi gejala yang muncul, seperti kulit yang iritasi atau meradang.

Ada banyak jenis obat yang bisa Anda jadikan pilihan. Salah satunya adalah bahan-bahan alami.

Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika herpes yang Anda alami cukup parah. Tanpa pengawasan dokter, bahan-bahan alami ini justru bisa memperparah kondisi kesehatan Anda.

Beberapa bahan alami yang dimaksud adalah cuka apel, bawang putih, dan menggunakan kompres. Mengubah makanan yang Anda konsumsi juga bisa mempercepat proses penyembuhan.

Cobalah untuk menggunakan bahan-bahan alami ini secara rutin, ya.

Lidah buaya

Mengutip dari Healthline, lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang cocok digunakan untuk mengatasi herpes.

Cobalah untuk menggunakan gel lidah buaya pada luka herpes secara langsung. Kandungan dalam bahan alami itu mampu meredakan iritasi kulit akibat herpes.

Baca Juga: Apa itu herpes? Inilah gejala dan cara mengobatinya

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herpes, lo. Sebab, antivirus yang terkandung dalam minyak kayu putih. Jika Anda ingin menggunakan bahan alami itu, jangan lupa untuk mencampurnya dengan essential oil.

Vitamin C

Supaya herpes bisa sembuh dengan lebih cepat, usahakan untuk memperbanyak asupan vitamin C. Ada banyak jenis makanan yang mengandung jenis vitamin itu. Misalnya, jeruk, lemon, anggur, mangga, pepaya.

Antioksidan

Herpes bisa sembuh saat Anda memiliki sistem imun yang kuat. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang memiliki banyak antioksidan.

Contohnya, bayam, tomat, atau kale. Selain mempercepat proses penyembuhan, mengonsumsi jenis makanan itu juga bisa meredakan peradangan.

Baca Juga: Manfaat daun sirsak untuk kesehatan, bisa mengobati luka infeksi sampai diabetes

Cuka apel

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat herpes adalah cuka apel. Soalnya, ada kandungan antivirus dan antiinflamasi dalam cuka apel. Anda perlu mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3 sebelum Anda menggunakannya.

Bawang putih

Salah satu manfaat bawang putih adalah digunakan sebagai obat herpes.

Healthline juga merekomendasikan bahan alami lain untuk mengatasi herpes, yaitu bawang putih.

Pertama-tama, tumbuk beberapa siung bawang putih sesuai kebutuhan lalu tambahkan minyak zaitun. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada herpes sebanyak tiga kali dalam sehari.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi obat gatal yang berasal dari bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru