Berbagai Manfaat Oyong untuk Tubuh, Bisa untuk Menurunkan Berat Badan

Rabu, 05 April 2023 | 17:21 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Berbagai Manfaat Oyong untuk Tubuh, Bisa untuk Menurunkan Berat Badan


KESEHATAN - Ada berbagai manfaat oyong untuk kesehatan tubuh yang telah teruji secara klinis. Oleh sebab itu, manfaat oyong untuk kesehatan tubuh sangat menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan. 

Selain itu, oyong juga termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, manfaat oyong untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam oyong di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, vitamin C dan lain-lain.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Okra Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Selain itu, oyong juga merupakan salah satu sayuran yang cukup banyak diminati masyarakay Indonesia. Lalu apa saja manfaat oyong untuk kesehatan?

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat oyong untuk kesehatan yang penting diketahui, di antaranya:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat oyong untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, oyong adalah sayuran yang rendah kalori dan bernutrisi tinggi. 

Sehingga mengkonsumsi oyong mampu membuat perut terasa lebih kenyang. Namun, kebutuhan nutrisi harian masih bisa terpenuhi.

Baca Juga: Wajib Tahu Saat Puasa! Kenali 8 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Oyong juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Pasalnya, oyong memiliki kandungan seperti spons yang dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dari kulit dan membuat kulit halus serta terawat.

Ekstrak oyong juga mampu membuat kulit lebih kencang dan menghilangkan bau badan sekaligus.

3. Menurunkan Peradangan

Selain baik untuk kulit, oyong juga bermanfaat untuk menurunkan peradangan kronis. Hal tersebut dikarenakan oyong mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang efektif meredakan peradangan dan rasa sakit.

Baca Juga: Ayo Kenali 7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan yang Menakjubkan

4. Menangkal Radikal Bebas 

Tidak berhenti disitu, manfaat oyong untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu menangkal berbagai radikal bebas yang membahayakan kesehatan. 

Tak jarang oyong kerap dimanfaatkan untuk dijadikan pengobatan infeksi jamur, virus dan bakteri.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat oyong untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu mengurangi risiko diabetes. Kehadiran peptida dalam oyong seperti insulin membantu menurunkan kadar gula dalam darah bersama dengan urin. 

Oleh sebab itu, oyong termasuk salah satu sayuran yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Demikian, beberapa manfaat oyong untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru