Biar Lancar Hadapi UTBK-SBMPTN 2022, Yuk Coba Tips dari Unpad Ini

Kamis, 12 Mei 2022 | 08:22 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Biar Lancar Hadapi UTBK-SBMPTN 2022, Yuk Coba Tips dari Unpad Ini

ILUSTRASI. Biar Lancar Hadapi UTBK-SBMPTN 2022, Yuk Coba Tips dari Unpad Ini. Surya/Ahmad Zaimul Haq


KONTAN.CO.ID -  Semua peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 tentu ingin sukses dan lancar saat menghadapi seleksi ini. Ada tips sederhana yang bisa dipakai agar lancar saat mengerjakan tes.

Gelombang 1 UTBK akan dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang 28 Mei - 3 Juni 2022. 

Agar lancar dan sukses menghadapi tes, Universitas Padjadjaran (Unpad) memberikan beberapa tips yang bisa dicontek oleh peserta. 

Ada sebanyak enam tips yang dibagikan Unpad melalui Instagram resminya. Selain itu ada juga talkshow yang bertema tentang "Ujian di Pusat UTBK Unpad" yang bisa diikuti peserta. 

Talkshow ini rencananya akan digelar pada hari Jumat, 13 Mei 2022 pukul 14.00 - 15.00 WIB. Apa saja tips sukses dan lancar menghadapi UTBK 2022? Berikut ini informasinya. 

Baca Juga: 10 Negara dengan Kecepatan Internet Tercepat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Mengunjungi situs dan medsos resmi LTMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT akan memberikan update atau pembauran informasi tentang UTBK-SBMPTN hanya di situs dan media sosial (medsos) resminya. 

Peserta bisa terus memantau perkembangan seleksi ini di situs ltmpt.ac.id atau di medsos LTMPT resmi yang memiliki centang biru di sebelah nama akun. 

Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mulai dari hitung mundur pelaksanaan UTBK, statistika UTBK, dan informasi penting lainnya. 

Mengunjungi website dan medsos Pusat UTBK

Selain LTMPT, peserta juga bisa memantau informasi terbaru tentang seleksi ini melalui website dan medsos Pusat UTBK. 

Untuk peserta yang memilih Pusat UTBK Unpad, Anda bisa mengakses situs www.unpad.ac.id dan akun medsos resmi Unpad seperti Instagram, Facebook, Line, hingga Twitter dan YouTube. 

Cari tahu lokasi ujian

Sebelum hari H jadwal pelaksanaan UTBK, peserta disarankan untuk mengunjungi lokasi ujian terlebih dahulu. 

Hal ini untuk mencegah keterlambatan karena harus mencari tahu lokasi tes. Ingat, peserta wajib datang 1 jam sebelum ujian dimulai.

Cari tahu lokasi ujian yang tertera di Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN setidaknya satu hari sebelum pelaksanaan ujian. 

Baca Juga: Pengertian Vulkanisme, Jenis Erupsi, Tipe Gunung yang Terbentuk serta Letusannya

Anda bisa datang langsung atau mencari tahu lewat internet. Pastikan alamat lokasi sudah sesuai dengan yang tertera di kartu. 

Jangan sampai tertukar mengingat beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memiliki kampus yang terletak di lokasi-lokasi yang berbeda dan berjauhan. 

Lokasi ujian di Pusat UTBK Unpad akan diselenggarakan di Unpad Kampus Jatinangor Kabupaten Sumedang. Karenanya, peserta jangan sampai kesasar ke kampus Unpad di lokasi lainnya. 

Tetap fokus belajar

Menjelang hari pelaksanaan UTBK, peserta jangan sampai kendor belajar. Tetap perbanyak latihan mengerjakan soal dan memahami materi seleksi yaitu TPS, TKA, dan TBI. 

Anda bisa mempelajari materi-materi tes dari tahun sebelumnya agar tahu pola soal yang kemungkinan muncul. 

Agar tidak jenuh, peserta bisa melakukan perubahan suasana belajar. Anda bisa belajar dengan teman, mengikuti try out, mencari materi pembelajaran di YouTube, atau hal lainnya. 

Jaga kesehatan

Selain belajar, peserta ujian UTBK juga perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Hindari kegiatan fisik yang berlebihan, terutama menjelang ujian. 

Tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup namun tidak berlebihan. 

Baca Juga: Pengertian Vulkanisme, Jenis Erupsi, Tipe Gunung yang Terbentuk serta Letusannya

Berdoa dan meminta restu orangtua

Tips terakhir agar lancar dan sukses menghadapi UTBK 2022 adalah senantiasa berdoa. Setelah berusaha dengan sungguh-sungguh, jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan. 

Selain itu, mintalah restu dari orangtua dan orang-orang terdekat Anda agar diberi kemudahan saat mengerjakan soal-soal UTBK.

Demikian beberapa tips yang bisa dipakai peserta agar lancar saat menghadapi UTBK 2022. Tetap belajar dan berdoa agar hasil yang didapat sesuai dengan usaha yang Anda lakukan selama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru