CLOSE [X]

Bingung Pilih Jurusan di SNMPTN 2022? Simak Tips Memilihnya Sesuai Minat dan Bakat

Senin, 14 Februari 2022 | 16:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bingung Pilih Jurusan di SNMPTN 2022? Simak Tips Memilihnya Sesuai Minat dan Bakat

ILUSTRASI. Bingung Pilih Jurusan di SNMPTN 2022? Simak Tips Memilihnya Sesuai Minat dan Bakat. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2022 resmi dubuka pada hari ini (14/2).

Siswa yang masih bingung memilih jurusan apa yang akan didaftar pada jalur ini, berikut ini tips memilihnya dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek.

Banyak siswa yang memilih jurusan karena ikut dengan teman atau pilihan orangtua. Beberapa di antaranya memilih jurusan kuliah karena dianggap paling mudah untuk diikuti dan peluang masuknya yang tinggi.

Padahal, belum tentu jurusan orang lain bisa pas dengan kemampuan dan minat Anda sendiri. Akibatnya, beberapa mahasiswa merasa tidak mampu mengikuti perkuliahan atau tidak sesuai dengan keinginan mereka. 

Baca Juga: Pendaftaran SNMPTN 2022 Dibuka Sore Ini, Simak Link dan Cara Daftarnya

Jika sudah demikian, mahasiswa bisa saja memilih untuk berhenti kuliah atau tidak maksimal mengikuti perkuliahan. Waktu dan biaya yang sudah dikeluarkan selama ini menjadi sia-sia dan Anda harus mengulang dari awal jika memilih mendaftar jurusan lain. 

Agar tidak salah pilih, Anda bisa mencoba beberapa tips memilih jurusan yang sesuai untuk Anda berikut, dirangkum dari Instagram @ditjen.dikti:

Memahami minat dan bakat

Penting untuk mengetahui minat dan bakat Anda sebelum memilih jurusan kuliah. 

Dengan mengetahui minat dan bakat yang Anda miliki, memilih jurusan bisa lebih mudah dan sesuai dengan kapasitas kemampuan Anda. 

Setelah menemukan minat serta bakat, Anda bisa membangkitkan motivasi untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan pilihan Anda. 

Berkonsultasi dengan orang lain

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat selanjutnya adalah berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman.

Anda bisa berdiskusi dengan orangtua, saudara, atau kakak kelas yang sudah berkuliah. 

Tanyakan hal-hal seperti gambaran perkuliahan, materi kuliah, keuntungan dan kelemahan, serta prospek kerja jurusan yang akan Anda pilih. 

Baca Juga: Cara Cek Daya Tampung Universitas Jalur SNMPTN 2022 serta Peminatnya Tahun Lalu

Melakukan riset

Selain bertanya dengan orang lain, Anda bisa melakukan riset untuk mendapatkan gambaran jurusan yang akan dipilih. 

Cari sebanyak-banyaknya informasi mulai dari bidang ilmu, prospek kerja, rekam jejak alumni, dan hal-hal lain tentang jurusan impian Anda.

Setelah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan, Anda bisa mulai mempertimbangkan jurusan mana yang pas dengan kemampuan baik kemampuan diri maupun biayanya.  

Bertanggung jawab

Setelah memilih jurusan yang memang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan dan memiliki prospek yang bagus, Anda perlu bertanggungjawab dengan pilihan tersebut. 

Tumbuhkan rasa tanggungjawab kepada pilihan jurusan Anda agar saat menjalani perkuliahan Anda bisa optimal dan bersungguh-sungguh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru