Bingung Pilih Kosan? Ini Tips Memilih Kos-Kosan Buat Mahasiswa Baru

Senin, 07 Agustus 2023 | 14:18 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bingung Pilih Kosan? Ini Tips Memilih Kos-Kosan Buat Mahasiswa Baru

ILUSTRASI. Bingung Pilih Kosan? Ini Tips Memilih Kos-Kosan Buat Mahasiswa Baru.


Tips Memilih Kos-Kosan Mahasiswa -  Beberapa universitas sebentar lagi akan menyelenggarakan masa Pengenalan Mahasiswa Baru atau PMB. 

Mahasiswa baru, khususnya yang merantau, perlu bersiap-siap untuk mengikuti kegiatan PMB dan perkuliahan. 

Salah satunya adalah sudah memilih kos-kosan untuk tempat tinggal saat menempuh pendidikan di kampus. 

Beberapa kampus menyediakan asrama mahasiswa yang bisa disewa oleh mahasiswa, namun kapasitas yang disediakan tidak banyak. 

Baca Juga: Kategori dan Syarat Daftar Beasiswa Unggulan Tahun 2023, Pemburu Beasiswa Cek

Kos-kosan menjadi pilihan yang umum dipilih mahasiswa. Ada kos-kosan yang dekat dengan kampus dan ada yang jauh. 

Agar mendapatkan kosan yang sesuai keinginan dan budget, berikut ini beberapa tisp memilih kos-kosan, dirangkum dari situs Universitas Multimedia Nusantara (UMN). 

Sesuaikan budget

Tips pertama memilih kosan yang nyaman adalah dengan menetapkan budget untuk kos. Ketika mencari kos-kosan, pastikan Anda sudah memilih kos yang sesuai dengan ketersediaan dana. 

Selain itu susunlah budget kos sesuai dengan kemampuan finansial orangtua atau keuangan Anda pribadi. 

Anda bisa memanfaatkan aplikasi atau website yang menyediakan informasi kos-kosan di wilayah kampus Anda untuk mengetahui kisaran harga sewa kos. 

Setelah menetukan budget, barulah Anda bisa memilih kos sesuai dengan kriteria lainnya seperti fasilitas dan jauh-dekat jarak kos dengan kampus. 

Jangan lupa buat daftar kos-kosan tersebut untuk perbandingan. Buat susunan skala prioritas mulai dari keunggulan hingga kekurangan dari masing-masing kos. 

Cek fasilitas

Langkah selanjutnya dalam memilih kos adalah memperhatikan fasilitas yang diberikan di dalam kos. Umumnya semakin banyak fasilitas yang disediakan, maka akan semakin tinggi juga harga sewa kos yang didapatkan. 

Namun, Anda bisa membandingkan dengan kos yang memiliki fasilitas sama dan memilih mana yang lebih baik untuk Anda.

Fasilitas yang biasanya disediakan di kos, antara lain AC/kipas angin, wi-fi, dapur bersama, listrik, dan sejenisnya. 

Fasilitas-fasilitas tersebut bisa membantu mahasiswa dalam keseharian selama menempuh pendidikan tinggi. 

Selain itu, ada juga kosan yang memiliki fasilitas kamar mandi dalam atau luar. Anda bisa sesuaikan hal tersebut dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Baca Juga: 20 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia 2023 Versi Webometrics Terbaru

Keamanan

Tips selanjutnya untuk memilih kosan adalah pertimbangkan keamanan di sekitar kos. Anda bisa menanyakan kepada pemilik kos, RT setempat, atau rekan/kakak tingkat jika ada yang sudah bertempat di kos tersebut. 

Pastikan lingkungan kos yang Anda pilih aman, sehingga Anda merasa nyaman dan terhindar dari segala tindak kriminal dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Keamanan kos sangat penting, pasalnya ketika meninggalkan kosan, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kos sudah terjamin aman. 

Jauh lebih baik untuk memilih kos-kosan yang sudah ada orang yang bertugas untuk keamanan, seperti satpam, siskamling, dan lainnya.

Jarak kos dengan kampus

Hal penting yang tidak boleh diabaikan saat memilih kosan adalah jarak antara kampus dan kosan. Pastikan Anda memilih kos yang tidak terlalu jauh dari kampus. 

Jika memilih kos yang terlalu jauh biaya transportasi akan lebih meningkat. Sebaiknya Anda mempertimbangkan jarak antara kosan dengan kampus.

Selain itu, dengan jarak antara kosan dan kampus yang cukup dekat, mahasiswa tidak membutuhkan waktu lama dalam bersiap untuk ke kampus. 

Pilihlah kosan yang bisa dijangkau dengan jalan kaki, naik sepeda atau bermotor dengan jarak yang wajar. 

Mempertimbangkan jarak kosan dengan kampus penting diperhatikan karena ketika Anda kuliah tidak menutup kemungkinan akan ada jadwal mendadak ke kampus baik untuk organisasi, kepanitian atau bimbingan dosen.

Lingkungan kos 

Tips selanjutnya yang bisa dipertimbangkan saat memilih kos adalah lingkungan di kos dan sekitarnya. 

Pastikan lingkungan kos memiliki suasana yang positif dan membuat bersemangat dalam kuliah. Meskipun terliha sepele, namun hal ini begitu berpengaruh dalam perjalanan kuliah.

Hindarilah kosan yang menurut Anda tidak nyaman dan hanya membuat bermalas-malasan. Meskipun bermalas-malasan atau beristirahat tetap diperbolehkan, hal tersebut jangan sampai mengganggu studi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru