Bisa Anda tiru, rahasia parenting sukses mendidik anak dari Bill Gates ini

Rabu, 10 Februari 2021 | 21:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa Anda tiru, rahasia parenting sukses mendidik anak dari Bill Gates ini

KONTAN.CO.ID - Bill Gates memiliki cara tersendiri dalam mendidik ketiga buah hatinya. Anak-anak pendiri Microsoft ini tumbuh menjadi pribadi yang sederhana dan dermawan. 

Cara mendidik anak yang diterapkan Bill Gates pada ketiga anaknya patut diacungi jempol. Selain sikap mereka yang baik, kepintaran ketiga anak Bill Gates juga mumpuni.

Parenting anak yang diterapkan salah satu miliarder dunia ini bisa diaplikasikan pada anak usia dini hingga remaja.

Kiat-kiat dalam mendidik anak ala Bill Gates bisa diterapkan pada buah hati Anda. Simak tips parenting anak dari Bill Gates yang dirangkum dari CNBC dan Bussiness Insider:

Baca Juga: Inilah perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, meski memiliki fungsi yang sama

  • Tidak memberikan gawai pada anak

Sudah menjadi rahasia umum, Bill Gates tidak memberikan gawai pada anaknya. Gates yakin gadget akan menghambat perkembangan anak.

Tips parenting anak ini perlu orangtua Zaman sekarang terapkan. Penggunaan gawai pada anak justru berpotensi membuat anak kecanduan.

Memfasilitasi anak dengan gawai justru akan mempersulit orang tua mengawasi buah hati. Terlalu lama melihat layar ponsel atau laptop bisa berpengaruh pada kesehatan mata anak.

Biarkan anak berkembang dengan cara bermain permainan yang edukatif. Anda bisa membelikan mainan seperti lego atau puzzle untuk mengasah kecerdasan anak.

Baca Juga: Ingin anak menjadi cerdas? Coba 5 cara meningkatkan kecerdasan anak ini

  • Berikan contoh

Bill Gates menekankan pentingnya memberi contoh bagi anak. Memberikan banyak contoh baik akan membuat anak meniru kebiasaan orang tua. 

Bill Gates selalu memberikan contoh kepada buah hati seperti membaca buku. Hasilnya, anak-anak Gates mengikuti kebiasaan sang ayah. 

Memberikan nasihat tanpa memberikan contoh yang nyata akan susah diterima anak. Mereka lebih cepat mencerna perilaku dibandingkan kalimat. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru