Bisa turunkan berat badan, inilah 10 manfaat saffron untuk kesehatan

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 09:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bisa turunkan berat badan, inilah 10 manfaat saffron untuk kesehatan


KESEHATAN - Jakarta. Manfaat saffron yang berlimpah membuat rempah-rempah ini memiliki harga yang mahal. Setidaknya, ada ​10 Manfaat saffron untuk kesehatan yang telah terbukti.

Saffron adalah rempah-rempah termahal di dunia. Alasan harganya yang lumayan mahal karena cara panen saffron sehingga biaya produksi rempah-rempah ini mahal.

Saffron dipanen dengan tangan dari bunga Crocus sativus, umumnya dikenal sebagai saffron crocus

Lantas, apa manfaat saffron untuk kesehatan?

10 Manfaat saffron untuk kesehatan yang telah terbukti

Dikutip dari laman Healthline, berikut 10 manfaat saffron untuk kesehatan yang telah terbukti: 

Baca Juga: 20 Sup terbaik di dunia versi CNN, ada soto ayam khas Indonesia

1. Antioksidan yang kuat

Manfaat saffron yang pertama adalah sebagai antioksidan yang kuat. Saffron mengandung berbagai senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan, molekul yang melindungi sel dari radikal bebas. 

Saffron mengandung safranal yang dapat membantu meningkatkan suasana hati, memori, dan kemampuan belajar, serta melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif. 

Lalu, kaempferol ditemukan pada kelopak bunga saffron. Senyawa ini telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, sifat antikanker, dan aktivitas antidepresan. 

2. Dapat memperbaiki mood dan mengobati gejala depresi

Suplemen saffron secara signifikan efektif dalam mengobati gejala depresi ringan hingga sedang. 

Penelitian lain menemukan, mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari sama efektifnya dengan mengonsumsi Fluoxetine, Imipramine, dan Citalopram, pengobatan konvensional untuk depresi.

Selain itu, lebih sedikit orang yang mengalami efek samping saat mengonsumsi saffron dibandingkan dengan pengobatan lain. 

Baca Juga: Tips menurunkan berat badan, konsumsi 5 buah untuk diet ini

3. Memiliki sifat melawan kanker

Saffron kaya akan antioksidan, yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya. Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker. 

Manfaat saffron selanjutnya terbukti dalam studi tabung reaksi. Saffron telah terbukti membunuh sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya, sementara membiarkan sel normal tidak terluka. 

Efek ini juga berlaku untuk kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan beberapa sel kanker lainnya. 

4. Dapat mengurangi gejala PMS

Premenstrual syndrome (PMS) adalah istilah yang menggambarkan gejala fisik, emosional, dan psikologis yang terjadi sebelum dimulainya periode menstruasi.

Studi menunjukkan, manfaat saffron dapat membantu mengobati gejala PMS. Studi lain menemukan, hanya mencium saffron selama 20 menit membantu mengurangi gejala PMS seperti kecemasan dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Baca Juga: 3 Masker wajah alami untuk remaja, bahannya mudah didapat

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru