Buat penderita diabetes, ini 5 camilan yang bisa jadi pilihan

Jumat, 08 Oktober 2021 | 19:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Buat penderita diabetes, ini 5 camilan yang bisa jadi pilihan

KONTAN.CO.ID - Diabetes adalah suatu penyakit di mana jumlah gula darah dalam tubuh terlalu tinggi. Sensitivitas insulin pun tak bisa berfungsi optimal. Biar kondisi tubuh tak semakin buruk, ada baiknya mengonsumsi camilan untuk penderita diabetes.

Contoh, penderita diabetes bisa mengonsumsi telur rebus. Dalam satu butir telur rebus berukuran sedang, bisa mendapat enam gram protein. Jumlah protein itu bisa mengontrol jumlah gula darah supaya tak terlalu tinggi. Apalagi, setelah Anda makan.

Penderita diabetes bisa mengonsumsi telur rebus secara langsung atau mencampurnya dengan jenis makanan lain, misalnya, salad. Selain telur, masih banyak jenis makanan lain yang bisa penderita diabetes konsumsi.

Kacang almond

Melansir Healthline, kacang almond cocok dijadikan makanan ringan saat menderita diabetes. Ada lebih dari 15 vitamin dan mineral yang terkandung dalam jenis kacang itu. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

Alpukat

Alpukat bisa dijadikan cemilan untuk penderita diabetes.

Selain cocok dijadikan penurun berat badan, alpukat juga bisa Anda manfaatkan sebagai camilan untuk penderita diabetes.

Serat dan lemak sehat yang ada dalam alpukat mampu mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh. Alpukat bisa dimakan langsung atau diolah dulu dengan bahan bergizi lainnya.

Yogurt dan buah beri

Healthline menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi yogurt dan buah beri. Kombinasi dua bahan alami itu mengandung banyak antiinflamasi sehingga efektif meredakan inflamasi atau peradangan di tubuh.

Yogurt dan buah beri juga mengandung serat yang bisa mengontrol jumlah gula darah.

Baca Juga: Jangan asal makan, ini makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat isoman

Popcorn

Apakah Anda suka makan popcorn? Ternyata, produk dari jagung itu bisa jadi cemilan untuk penderita diabetes, lo.

Dalam delapan gram popcorn, hanya terdapat 31 kalori. Tentu saja, Anda perlu mengolah popcorn dengan cara yang sehat. Hindari menambahkan gula atau pemanis lain karena tidak baik untuk tubuh.

Edamame

Edamame bisa jadi cemilan untuk penderita diabetes.

Tak ada salahnya bagi penderita diabetes untuk makan edamame. Anda bisa mendapat 17 gram serat dan delapan gram protein dari mengonsumsi 155 gram edamame.

Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat edamame tersebut.

Selanjutnya: Tak hanya olahraga, inilah 5 cara diet sehat lainnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru