Cara agar vaksin Covid-19 bisa optimal hasilkan antibodi terhadap virus corona

Rabu, 24 Maret 2021 | 19:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara agar vaksin Covid-19 bisa optimal hasilkan antibodi terhadap virus corona


KESEHATAN - JAKARTA. Suntikan vaksin Covid-19 akan membantu tubuh membentuk antibodi terhadap virus corona. Supaya pembentukan antibodi bisa lebih maksimal, Anda perlu menghindari dehidrasi sebelum dan sesudah mendapat vaksin. Cobalah untuk minum air putih sehingga kebutuhan tubuh akan cairan menjadi tercukupi.

Selain minum air biasa, ada satu jenis minuman yang disarankan untuk Anda konsumsi setelah mendapat vaksin Virus Corona. Mengutip dari Eatthis.com, jenis minuman yang dimaksud adalah teh hijau. Anda bisa memilih teh hijau hangat atau dingin sesuai dengan keinginan.

Mengonsumsi jenis minuman itu akan mengembalikan cairan tubuh Anda yang hilang. Apalagi saat Anda perlu mengantri sebelum mendapat suntikan vaksin. Jenis teh itu juga memiliki banyakk antioksidan sehingga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Frontiers, senyawa yang terkandung dalam teh hijau mampu menghambat fungsi enzim yang terdapat dalam Virus Corona. Saat fungsi enzim menurun, Virus Corona tidak mampu menyebar ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Sudah 5 juta warga telah disuntik vaksin Covid-19

Tidak hanya mencegah penyebaran Virus Corona, masih banyak manfaat teh hijau yang berguna untuk kesehatan Anda. Eatthi.com mengatakan bahwa mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan risiko kematian akibat diabetes.

Tak berhenti sampai di situ, kandungan dalam teh hijau juga mampu memperbaiki kondisi seseorang yang terkena stroke atau penyakit jantung. Meski demikian, Anda tidak boleh hanya mengandalkan konsumsi teh hijau.

Baca Juga: Beredar informasi interval vaksinasi Covid-19 jadi 28 hari, simak kata Kemenkes

Protokol kesehatan tetap perlu Anda lakukan secara disiplin. Apalagi belum semua masyarakat mendapat vaksin Covid-19. Usahakan untuk tetap menghindari kerumumanan. Jika Anda terpaksa berkumpul dengan banyak orang, pastikan untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal 1.5 m.

Selanjutnya, pastikan untuk memakai masker dengan cara yang benar dan sesuai dengan ketentuan. Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga tak boleh dilupakan. Dalam keadaan darurat, Anda bisa menggantinya dengan hand sanitizer.

Selanjutnya: Satgas Covid-19 larang warga unggah sertifikat vaksin ke medsos, ada apa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru